Amerika

PBB: Situasi di Yaman Seperti Kiamat

Perang Yaman

Minggu, 07 Januari 2018 – 09.33 Wib,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah memperingatkan bahwa Yaman bisa menjadi bencana kemanusiaan terburuk di dunia dalam setengah abad karena negara yang dilanda perang tersebut bergulat dengan wabah kolera dan difteri yang mematikan di tengah serangan mematikan koalisi pimpinan Saudi.

Baca: MENGERIKAN! Agresi Saudi di Yaman Tewaskan dan Lukai 35.000 Warga Sipil

“Situasi di Yaman -sekarang, bagi penduduk di seluruh negeri- terlihat seperti kiamat,” Mark Lowcock, sekretaris jenderal PBB untuk koordinasi kemanusiaan dan koordinator bantuan darurat, mengatakan kepada penyiar berbasis di Qatar, Al-Jazeera, pada hari Jumat.

Lowcock mengatakan “wabah kolera mungkin adalah yang terburuk yang pernah ada di dunia, dengan satu juta kasus yang dicurigai sampai akhir 2017.”

Pejabat PBB tersebut juga menyatakan keprihatinannya atas “epidemi baru yang mengerikan” difteri, yang telah membunuh puluhan orang dan menular ke 500 orang lainnya selama beberapa minggu terakhir.

Baca: Angkatan Laut Yaman Berhasil Rebut Drone Bawah Laut Saudi

Dia mengatakan epidemi “akan menyebar seperti api di seluruh negeri”. “Jika situasinya tidak berubah, kita akan mengalami bencana kemanusiaan terburuk di dunia selama 50 tahun”.

Difteri adalah infeksi bakteri menular dan berpotensi fatal, terutama ditandai dengan membran abu-abu tebal di bagian belakang tenggorokan atau hidung, sakit tenggorokan dan demam. Hal itu bisa dicegah melalui vaksinasi.

Penyakit bakteri tersebut telah membunuh satu dari 10 warga Yaman sejak wabah terjadi pada pertengahan Agustus tahun lalu. Wabah kolera, yang dapat menyebabkan dehidrasi berpotensi fatal jika tidak diobati, juga telah membunuh lebih dari 2.000 orang sejak April.

Baca: The Guardian Serang Saudi, Perang Yaman Adalah Kejahatan Terbesar di Dunia

Perang yang hampir berusia tiga tahun di Yaman telah menghancurkan sistem kesehatan negara tersebut, karena kekurangan pasokan medis yang disebabkan oleh blokade total yang diberlakukan oleh Saudi, dan telah memperburuk situasi kemanusiaan bagi orang-orang Yaman yang sangat membutuhkan. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: