Amerika

PBB: Sanksi AS Terhadap Iran Illegal dan Tak Manusiawi

Iran
Iran

JENEWA – Kantor Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa pada hari Rabu menjelaskan bahwa sanksi AS terhadap Iran sebagai “ilegal dan merugikan”, seperti dilansir Almaalomah (22/08).

“Sanksi ilegal dan merugikan yang menghancurkan ekonomi Iran dan mata uang domestiknya, menyebabkan tenggelamnya orang-orang Iran ke dalam kemiskinan dan membuat harga barang impor tak tertahankan,” kata Idris Jazairi, direktur kantor eksekutif Kantor Hak Asasi Manusia.

Baca: Rusia Kutuk Sanksi AS ke Iran Karena Langgar Resolusi PBB

“Sanksi haruslah tidak mengarah pada penderitaan rakyat yang tidak bersalah,” katanya.

Jazairi mempertanyakan apakah Amerika akan menyediakan makanan dan obat untuk jutaan orang Iran yang tidak lagi dapat mengakses barang-barang tersebut karena sanksi.

Baca: Moskow Akan Tanggapi Serius Sanksi Baru AS

“Sanksi yang menimbulkan keraguan dan ambiguitas, dan membuat tidak mungkin bagi Iran untuk mengimpor barang-barang kemanusiaan yang sangat dibutuhkan ini,” katanya.

Baca: Turki ambruk, Iran dukung Ankara hadapi sanksi ekonomi AS

Jazairi meminta Amerika Serikat untuk “membuktikan komitmennya dengan memasukkan barang-barang pertanian, makanan dan obat-obatan, serta peralatan medis ke Iran dengan langkah yang jelas untuk memastikan bahwa bank, lembaga keuangan dan perusahaan Iran akan diizinkan secara bebas dan cepat untuk melaksanakan pembayaran dan impor terkait”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: