Amerika

PBB: Puluhan Ribu Pengungsi Suriah di Yordania Kembali

Pengungsi Suriah di Yordania Kembali
Pengungsi Suriah

NEW YORK – PBB mengumumkan bahwa sebagian besar dari puluhan ribu warga Suriah yang mengungsi di dekat perbatasan Yordania telah kembali ke Suriah.

Residen Koordinator Kemanusiaan PBB di Yordania, Anders Pedersen, saat konferensi pers mengatakan bahwa ada “sekitar 150 sampai 200 orang pengungsi dekat perbatasan sekarang, di zona bebas Suriah-Yordania dekat perlintasan Jaber dan kebanyakan dari mereka adalah laki-laki.”

Baca: Terima Kasih Assad, Ratusan Pengungsi Suriah di Lebanon Pulang Kampung

Organisasi PBB itu melaporkan bahwa orang-orang yang mengungsi itu kembali ke desa-desa dan kota-kota mereka setelah diamankan oleh tentara Suriah dan pengusiran kelompok-kelompok teroris. Pekan lalu, PBB memperkirakan 330.000 orang mengungsi di Suriah selatan.

“Yang kami tahu adalah ada sejumlah besar pengungsi di Suriah selatan dan di barat daya khususnya,” kata Pedersen. Dia juga menghimbau kepada “para pihak dalam konflik di Suriah di lapangan untuk memungkinkan PBB masuk untuk memberikan bantuan,” sambil menekankan kesiapan konvoi PBB di perbatasan Yordania.

Baca: Sekjen Hizbullah: Kami Akan Kawal Kepulangan Pengungsi ke Suriah

Yordania menolak untuk membuka perbatasannya bagi para pengungsi, dengan alasan tidak lagi mampu menyerap lebih banyak pengungsi. tetapi Yordania memberikan bantuan untuk pengungsi di dekat perbatasan dan memberikan dua pelayanan rumah sakit untuk mereka.

Baca: Meskipun Dilanda Perang, Pengungsi Suriah di Turki Tetap Mudik Lebaran

Yordania menjadi tuan rumah bagi sekitar 650 ribu pengungsi Suriah yang terdaftar di PBB, sementara perkiraan jumlah yang berlindung di dalam negeri Oman sekitar 1,3 juta sejak awal perang di Suriah pada tahun 2011. Oman mengatakan bahwa biaya operasional ini lebih dari sepuluh miliar dolar. (SFA)

Sumber: Al Alam

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Jolie Temui Pengungsi Suriah di Kamp Domiz | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: