Headline News

PBB Minta Saudi Memberikan Akses kepada Wartawan ke Yaman

Kamis, 20 Juli 2017

SALAFYNEWS.COM, NEW YORK – PBB menuntut akses terhadap “buatan kemanusiaan” di Yaman setelah Arab Saudi memberlakukan blokade dan mencegah masuk ke tiga wartawan yang melakukan perjalanan dengan sebuah pesawat bantuan PBB ke ibukota Yaman, Sana’a.

“Kami ingin tidak hanya bisa membawa bantuan, tentu saja merupakan aspek penting dari pekerjaan yang kami lakukan, tapi kami juga ingin dunia mengetahui apa yang sedang terjadi. Jadi langkah seperti ini tidak membantu, karena sekali lagi ini telah menjadi masalah kemanusiaan yang hebat, dunia perlu mengketahui dan wartawan perlu memiliki akses,” kata juru bicara PBB Farhan Haq pada hari Rabu.

Haq membuat pernyataan setelah Saudi memblokir sebuah pesawat charter PBB yang membawa staf agen bantuan untuk mendarat di Sana’a, yang dikendalikan oleh pejuang Houthi Ansarullah, dengan alasan bahwa hal itu tidak dapat menjamin keamanan tiga wartawan yang bekerja untuk BBC.

“Seperti yang rekan-rekan kami jelaskan bahwa Yaman merupakan salah satu krisis kemanusiaan terbesar di dunia, tidak mendapat perhatian yang cukup di media internasional. Kurangnya liputan menjadi menghambat usaha pekerja kemanusiaan untuk menarik perhatian masyarakat internasional dan Donor untuk menangani krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung,” tambahnya.

Setelah memblokir penerbangan tersebut, pejabat Saudi mengklaim bahwa semua penerbangan masuk ke Yaman harus mendarat di kota pelabuhan selatan Aden, yang berada di bawah kendali pemerintah sebelumnya, yang dipimpin oleh mantan Presiden Abd Raboh Mansur Hadi, sekutu setia Riyadh. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: