Headline News

PBB Ingatkan Serangan Saudi di Hudaydah Dapat Memaksa Jutaan Orang Mengungsi

Kamis, 11 Mei 2017

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – PBB memperingatkan bahwa serangan Saudi ke kota pelabuhan Yaman yang dikuasai Houthi, Hudaydah, dapat memaksa setengah juta warga sipil mengungsi.

“Antara 100.000 dan setengah juta orang bisa mengungsi karena konflik, dan situasi kemanusiaan akan terus memburuk,” kata Shabia Mantoo, juru bicara badan pengungsi PBB pada Reuters, Rabu (10/05/2017).

Terletak di provinsi Tai’zz selatan Yaman, Hudaydah adalah bagian dari medan tempur yang luas, dimana pasukan Saudi memerangi tentara Yaman dan sekutunya Houthi, yang menguasai sebagian besar wilayah utara dan barat Yaman. Sekitar 80 persen impor makanan dan bantuan pangan melalui pelabuhan tersebut.

“Situasi kemanusiaan sendiri terus memburuk meski seiring intensifitas bentrokan,” tambahnya.

Dia kemudian mencatat bahwa krisis pangan yang parah di wilayah tersebut telah mencapai tingkat kritis, sebuah fakta yang akan memperburuk pengungsi.

PBB telah memperingatkan sebelumnya bahwa tindakan militer Saudi lebih jauh terhadap pelabuhan tersebut “perlu dipertimbangkan untuk menghindari situasi kemanusiaan yang lebih buruk lagi.”

Meskipun serangan berulang dan pemboman berat Arab Saudi telah gagal merebut pelabuhan strategis tersebut. Pada tanggal 19 Maret, Riyadh meminta yurisdiksi atas Hudaydah untuk dipindahkan ke PBB, sebuah tindakan yang ditolak oleh badan dunia. [Sfa]

Sumber: PTV.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: