Headline News

Pasukan Kurdi Serahkan Kontrol Aleppo Timur kepada Tentara AD Suriah

Jum’at, 23 Februari 2018 – 07.13 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Pasukan Kurdi telah menyerahkan posisi mereka di Aleppo Timur ke tentara Suriah dan mengangkat bendera Suriah di atas mereka, sumber media melaporkan pada hari Kamis.

TV al-Mayadeen melaporkan bahwa Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang mengendalikan distrik-distrik di Timur Aleppo, termasuk Sheikh Maqsoud, al-Halak dan Bustan Pasha, telah berkoordinasi dengan tentara Suriah.

Baca: Ribuan Militan Kurdi Suriah Tewas dalam Operasi Olive Branch Turki di Afrin

Beberapa sumber Suriah melaporkan bahwa unit tentara Suriah telah memasuki daerah Sheikh Khazar, al-Ashrafiyeh dan al-Heidariyeh.

Mereka menambahkan bahwa bendera Suriah telah dikibarkan di atas lingkungan tersebut, dan memberikan kontrol terhadap distrik Aleppo Timur ke tentara sesuai dengan pelaksanaan kesepakatan antara orang Kurdi dan pemerintah Suriah di Afrin.

Pejabat Suriah dan Kurdi belum mengkonfirmasi laporan tersebut.

Perkembangan tersebut terjadi setelah seorang juru bicara YPG menggarisbawahi bahwa pasukan Suriah telah dipanggil ke Afrin untuk mengakhiri pendudukan tentara Turki dan agresinya.

Baca: Pejuang Kurdi Tembak Jatuh Helikopter Turki di Utara Suriah

Penyebaran sebagian tentara Suriah di Afrin ditujukan untuk menghadapi serangan pemerintah Turki,” kata Nouri Mahmoud seperti dikutip media Kurdi pada hari Rabu.

Dia menekankan bahwa dunia telah mengakui kemampuan tinggi tentara Suriah, dan mengatakan, “Mereka bertanggung jawab untuk melindungi wilayah Suriah. Oleh karena itu, kehadiran mereka ditujukan untuk mempertahankan integritas teritorial Suriah.”

Mahmoud menegaskan bahwa sejumlah tentara Suriah dikerahkan di Afrin pada hari Selasa atas permintaan Kurdi.

Sementara itu, pasukan populer pro-Damaskus memasuki kota Afrin yang dikuasai Kurdi, karena Ankara mengatakan pasukannya telah mencegah pasukan populer memasuki Afrin di barat laut Aleppo.

TV Al-Mayadeen melaporkan bahwa pasukan populer yang berafiliasi dengan Damaskus telah memasuki kota Afrin melalui jalur Ziyareh setelah meninggalkan kota-kota Nubl dan al-Zahra.

Baca: Komandan Kurdi: AS Akan Cegah Tentara Turki Masuk di Manbij Suriah

Ia melanjutkan dengan mengatakan bahwa unit artileri tentara Turki dan Angkatan Udara membom gerakan dan posisi pasukan populer di wilayah Kafin untuk mencegah mereka memasuki Afrin, dan menambahkan bahwa pasukan populer tersebut melakukan serangan balasan terhadap tentara Turki dan menghancurkan salah satu dari drone mereka.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebelumnya telah mengumumkan bahwa kekuatan Ankara akan mencegah pasukan populer pro-Damaskus memasuki Afrin. Sumber media melaporkan pada hari Selasa bahwa Ankara berusaha untuk menghalangi penyebaran pasukan populer Suriah di Afrin, untuk menghentikan bentrokan antara orang Kurdi dan tentara Turki.

Saluran berita Al-Mayadeen mengkonfirmasi bahwa beberapa rute di Marimin, Bastouleh dan Jabal al-Ahlam yang akan digunakan oleh pasukan populer Suriah untuk memasuki Afrin telah diserang oleh tentara Turki. (SFA/FNA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: