Headline News

Pasukan Irak Sukses Rebut Markas Besar Kimia ISIS di Anbar

Selasa, 21 November 2017 – 10.48 Wib,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Pasukan keamanan Irak menemukan sebuah gudang kimia milik teroris ISIS Takfiri di provinsi Anbar, barat Irak, saat pasukan pemerintah yang didukung oleh pejuang dari Unit Mobilisasi Populer, membersihkan sisa-sisa wilayah yang masih dikuasai kelompok teror tersebut.

Baca: Polisi Irak Temukan Lebih Puluhan Ton Bahan Kimia di Mosul

Direktorat Intelijen Militer Irak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa polisi federal bersama-sama dengan unit-unit Divisi Lapis Baja ke-9 menemukan gudang kimia ISIS di distrik Salman di kota al-Qa’im, yang terletak hampir 400 kilometer barat laut ibukota Baghdad.

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa depot tersebut berisi 3.000 kantong urea, masing-masing seberat 50 kilogram.

Teroris ISIS akan menggunakan bahan kimia tersebut untuk membuat alat peledak improvisasi dan jebakan booby. Akhir bulan lalu, PM Irak secara resmi memerintahkan peluncuran operasi untuk membersihkan kota Rawah dan al-Qa’im dari teroris ISIS.

Baca: HOAX! ISIS Serang Pasukan AS Dengan Senjata Kimia

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengunjungi kota Qa’im yang baru dibebaskan dan persimpangan dekat Husaybah pada 5 November, dan mengangkat bendera Irak di persimpangan perbatasan.

Sementara itu, sumber keamanan yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada kantor berita Al-Ghad Press bahwa tentara Irak telah menemukan sekitar 40 ton amunisi milik ISIS Takfiris di wilayah Ain al-Jahsh di barat daya Mosul.

Pada tanggal 10 Juli, Abadi secara resmi mengumumkan kemenangan atas ekstremis ISIS di Mosul, yang berfungsi sebagai benteng utama teroris di negara Arab yang dilanda konflik tersebut.

Baca: SAA Temukan Senjata Buatan Israel, NATO dan Barat di Gudang ISIS

Menjelang pembebasan Mosul, tentara Irak dan pejuang sukarelawan Hashd al-Sha’abi telah melakukan sweeping terhadap ISIS. Pasukan Irak menguasai Mosul timur pada bulan Januari setelah 100 hari pertempuran, dan melancarkan pertempuran di barat Irak pada 19 Februari. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: