Headline News

Pasukan Irak Rebut Kembali Kendali Dua Distrik Utama di Mosul barat

Minggu, 21 Mei 2017 – 09.04 Wib,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Pasukan pemerintah Irak telah menguasai sepenuhnya dua daerah strategis di sisi barat Mosul selama operasi mengusir teroris ISIS Takfiri untuk keluar dari kota terbesar kedua di negara itu.

Komandan Pasukan Polisi Federal Irak Letnan Jenderal Raed Shaker Jawdat mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasukannya telah benar-benar menangkap kembali daerah 17 Juli dan Eqtesadieen, Mosul, serta mendirikan barikade dan penghalang di wilayah-wilayah yang dibebaskan, jaringan televisi berbahasa Arab al-Sumaria melaporkan.

Dia juga menambahkan bahwa 66 teroris ISIS tewas sementara 13 mobil berisi bahan peledak dan sembilan bom sepeda motor telah hancur selama operasi berlangsung.

Pejabat tinggi Irak tersebut mencatat bahwa pasukan polisi federal telah menguasai kembali 80 wilayah, menewaskan 172 penembak jitu, dan menghancurkan 373 bom mobil serta 321 bom sepeda motor sejak kampanye militer untuk membebaskan Mosul barat dari cengkeraman ekstremis ISIS yang dimulai pada Pertengahan Februari.

Jawdat menyoroti bahwa pasukan polisi Irak juga telah membantu mengevakuasi 40.000 keluarga dari zona konflik, mengembalikan 10.000 keluarga pengungsi ke kampung halaman mereka dan membagikan bahan makanan dan komoditas dasar pada 55.000 kepala keluarga.

Sementara itu, biro media Unit Mobilisasi Populer, yang biasa dikenal dengan nama Hashd al-Sha’abi, mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan relawan telah mencegat dan menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak ISIS di selatan wilayah Qairawan.

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa pesawat udara tak berawak itu telah dipasangi bahan peledak, dan berusaha untuk menarget pejuang Hashd al-Sha’abi yang ditempatkan di dalam pangkalan udara Sahl Sinjar. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: