Fokus

Pasukan Irak Kepung Daesh di Sisi Barat Mosul

Selasa, 14 Maret 2017 – 15.21 Wib,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Tentara Irak yang didukung oleh pejuang Unit Mobilisasi Populer, telah berhasil membebaskan dua lingkungan di sisi barat Mosul hingga membuat teroris Daesh Takfiri semakin terjebak di dalam kota.

Komandan Operasi Pembebasan Niniwe, Letnan Jenderal Abdul Amir Yarallah, mengumumkan pada Senin sore, bahwa pasukan Counter-Terrorism Service (CTS) telah merebut kontrol penuh kabupaten al-Jadida dan mengibarkan bendera nasional di sejumlah bangunan di daerah itu, jaringan televisi satelit al-Sumaria melaporkan.

Sebelumnya, CTS berhasil merebut kembali kawasan Naft menyusul bentrokan sengit dengan teroris Daesh. Yarallah menambahkan bahwa pasukan Irak telah menimbulkan kerugian besar pada jajaran Daesh selama operasi dan menghancurkan sejumlah besar perangkat keras militer mereka.

Perkembangan datang hanya sehari setelah juru bicara Joint Operations Command Irak (JOC), Brigadir Jenderal Yahya Rasool, mengumumkan bahwa pasukan Irak telah merebut kembali sekitar 65 persen wilayah barat Mosul dari kelompok teroris Daesh.

Sementara itu salah seorang perwira militer Irak, Jabbar Hassan, mengatakan pasukan Irak telah mengevakuasi sekitar 5.200 warga sipil dari barat Mosul selama 24 jam terakhir.

Dia menambahkan bahwa warga sipil terus meninggalkan sisi barat kota setelah pasukan Irak dan unit mobilisasi popular atau yang lebih dikenal dengan nama Hashd al-Shaabi, melancarkan serangan untuk mengusir Daesh dari kota terakhir mereka di Irak. (SFA)

Sumber: Press TV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: