Headline News

Pasukan Irak dan Hashd al-Shaabi Rebut Kembali desa di Anbar dari ISIS

Rabu, 20 September 2017 – 07.38 Wib,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Pasukan militer Irak, yang didukung oleh pejuang sekutu dari Unit Mobilisasi Populer, telah membebaskan sebuah desa di provinsi barat Anbar yang terkepung dari cengkeraman kelompok teroris ISIS.

Baca: Warga Hawija Irak Serang Teroris dan Tewaskan Beberapa Komandan ISIS

Jaringan berita Arab al-Mayadeen yang bermarkas di Lebanon melaporkan pada hari Selasa bahwa pasukan pemerintah Irak dan sekutunya berhasil merebut kembali al-Rayhaniyah. Sebelumnya, biro media Komando Operasi Gabungan (JOC) telah mengumumkan dimulainya sebuah operasi untuk merebut kembali kota Anah dan desa terdekat al-Rayhaniyah.

Kepala dewan kota Anah, Abdel Karim al-Ani, mengkonfirmasi terjadinya serangan tersebut, dan menyatakan bahwa pasukan keamanan telah membuka jalan ke luar kota untuk memungkinkan warga sipil melarikan diri.

Baca: Sekjen Hizbullah: Netanyahu & Israel Menangis atas Kekalahan ISIS di Suriah-Irak

Letnan Jenderal Abdul Amir Yarallah menyatakan bahwa unit infanteri dan anggota Polisi Federal, yang didukung oleh pejuang dari Unit Mobilisasi Populer – yang biasa dikenal dengan nama Arab mereka, Hashd al-Shaabi, terlibat dalam serangan terhadap teroris ISIS.

Seorang sumber militer, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan operasi tersebut “berkembang di sepanjang tiga sumbu”’ dan menegaskan bahwa helikopter militer Irak dan jet tempur memberikan dukungan udara untuk pasukan di lapangan. Perkembangan tersebut terjadi sehari setelah ISIS mengeksekusi empat pemimpinnya saat mereka berusaha melarikan diri dari Anah. Pasukan tentara Irak dan sekutunya selanjutnya diharapkan menargetkan kota Rawah dan al-Qa’im.

Baca: Hajar ISIS, Tentara Irak-Hashd Al-Shaabi Pegang Penuh Kendali di Tal Afar

Dalam perkembangan lain dan saat berbicara kepada wartawan pada konferensi pers mingguan di Baghdad, 6 September lalu, Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi menyatakan bahwa pasukan pemerintah yang bekerja sama dengan pejuang Kurdi Peshmerga, akan segera meluncurkan sebuah operasi untuk membebaskan kota Hawijah yang kaya minyak – membersihkan provinsi utara Kirkuk dari teroris ISIS Takfiri. Teroris ISIS menguasai Hawijah setelah menangkap Mosul dan beberapa kota Irak lainnya pada pertengahan 2014. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: