Amerika

Pasca Serangan AS ke Suriah, Harga Minyak Dunia Melambung Tinggi

Sabtu, 08 April 2017 – 12.14 Wib,

SALAFYNEWS.COM, NEW YORK – Harga minyak dunia berakhir lebih tinggi pada Jumat (7/4) atau Sabtu (8/4) pagi WIB, setelah serangan rudal Amerika Serikat (AS) ke pangkalan udara militer Suriah memicu ketidakpastian geopolitik di kawasan kaya minyak.

Patokan harga di pasar AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, bertambah 0,40 dolar AS menjadi menetap di 52,10 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara itu, patokan harga pasar Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juni, naik 0,35 dolar AS menjadi ditutup pada 55,24 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

PASCA SERANGAN AS KE SURIAH, HARGA MINYAK DUNIA MELAMBUNG

Para analis mengatakan tindakan AS baru-baru ini menimbulkan kekhawatiran bahwa konflik bisa meluas di kawasan itu dan mempengaruhi produksi minyak mentah. Harga minyak mentah naik untuk sesi keempat berturut-turut pada Jumat (7/4), menyusul berita serangan rudal AS, dan diperdagangkan mendekati level tertinggi satu bulan pada akhir perdagangan.

Militer AS pada Kamis (6/4) meluncurkan serangan rudal yang ditargetkan pada lapangan terbang militer Suriah, yang merupakan serangan langsung pertama terhadap tentara Presiden Suriah Bashar al-Assad sejak krisis Suriah dimulai enam tahun lalu.

Sebanyak 59 rudal Tomahawk diluncurkan dari kapal perusak USS Porter dan USS Ross di Timur Laut Mediterania pada sekitar pukul 20.40 waktu setempat, dengan target pesawat-pesawat, hanggar, poin bahan bakar minyak, sistem pertahanan udara dan radar Suriah, menurut pernyataan Pentagon. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: