Eropa

Parade Militer, Rusia Pamerkan Rudal Hipersonik Kinzhal

Rudal Hipersonik Kinzhal Rusia

MOSKOW – Pesawat tempur baru Rusia yang dilengkapi rudal hipersonik dilaporkan akan berpartisipasi dalam parade militer yang diselanggarakn di ibukota Moskow pada acara Victory Day, seperti dilansir Arabic Sputniknews (03/05).

Baca: Rudal Rusia Terbaru “Satan 2” Yang Mampu Hancurkan Perancis

Victory Day yang diperingati setiap tanggal 9 Mei adalah salah satu perayaan paling populer di Rusia, dan perayaan ini selalu ditandai dengan parade militer. Victory Day Rusia ini merupakan hari kemenangan untuk memperingati kekalahan Nazi Jerman. Dan ibukota Moskow dipilih sebagai tempat untuk melakukan parade militer yang akan dilakukan oleh tentara Rusia.

Untuk pertama kalinya, pada tanggal 9 Mei 2018, Rusia akan memamerkan kepada dunia sebuah pesawat rudal baru yang tidak pernah diperlihatkan sebelumnya. Rudal ini diberi nama “Kinzhal”. Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan kehadirannya dua bulan lalu.

Baca: DAHSYAT! AS Butuh 500 Rudal untuk Cegat 1 Rudal Sarmat Rusia

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Schweigo mengatakan selama pertemuan dengan para pemimpin pasukan bersenjata Rusia melalui telepon pada hari Kamis lalu bahwa, “Selain Su-57, Su-30 SM dan MiG-29SMT, akan terlihat di langit Moskow pada Victory Day pesawat MiG-31 yang dilengkapi dengan sistem rudal Kinzhal”.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan kehadiran sistem rudal Kinzhal pada awal Maret 2018 lalu.

Baca: Putin Pamerkan Rudal Nuklir Tak Bisa Dicegat, AS Ketakutan dan Kecam Rusia

Rudal Kinzhal sendiri memiliki kecepatan tinggi yang setara dengan 10 kali kecepatan suara dan dapat menghancurkan target dari jarak 2.000 kilometer. Kinzhal juga dapat mengangkut hulu ledak nuklir. Rudal Kinzhal telah digunakan tentara Rusia di wilayah selatan negara tersebut. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: