Asia

PANASI KORUT, AS dan Korsel Mulai Latihan Militer Gabungan 11 Hari

Selasa, 22 Agustus 2017 – 05.51 Wib,

SALAFYNEWS.COM, AMERIKA – Pejabat militer AS pada hari Senin (21/08) mengumumkan tentang dimulainya latihan militer gabungan AS dan Korea Selatan (Korsel) dijadwalkan akan berlangsung selama 11 hari, seperti dilansir Arabic.rt (21/08). (Baca: AS Desak 4 Negara Putuskan Hubungan Diplomatik Dengan Korut)

Latihan militer yang bertajuk “Ulchi Freedom Guardian” atau “Ulchi Liberty Guard” diikuti oleh 50.000 tentara Korea Selatan dan sekitar 17.500 personel di dinas militer AS. Latihan tersebut juga mencakup simulasi komputer tentang perang di Semenanjung Korea.

Seorang juru bicara pasukan AS di Korea Selatan (Korsel) mengatakan bahwa latihan “Ulchi Freedom Guardian” telah dimulai sesuai jadwal yang ditentukan. Juru bicara pasukan AS ini juga mengatakan bahwa sebanyak 3.000 tentara AS telah diterbangkan secara khusus untuk berpartisipasi dalam latihan tersebut. (Baca: Kim Jong Un: Uji Coba Rudal Korut Adalah Hadiah Kami untuk Amerika)

Sementara itu, presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan pada hari Senin (21/08) bahwa latihan militer gabungan yang dimulai hari ini dengan pasukan AS benar-benar bersifat defensif dan tidak bertujuan untuk meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea.

Latihan tersebut juga bertujuan untuk mempersiapkan kemungkinan serangan Pyongyang dengan menggunakan senjata nuklir.

Selain itu, dilaporkan bahwa dua misil milik AS yang kecepatannya melebihi kecepatan suara, telah melakukan manuver dengan amunisi aktif di Korea Selatan pada awal bulan ini, setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik antar benua. (Baca: Korut Akan Tembakkan Rudal ke Guam Pada Pertengahan Agustus)

Di samping itu, Angkatan Udara Korea Selatan mengatakan bahwa dua pembom strategis B-1B Lancer telah diluncurkan dari pangkalan militer AS di pulau Guam dan bergabung dengan jet tempur AS dan Korea Selatan untuk melakukan simulasi dalam menghancurkan rudal balistik dan fasilitas bawah tanah di provinsi Gangwon, di timur negara tersebut. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: