Headline News

Oposisi Minta Erdogan Usir Semua Diplomat Saudi dari Turki

Presiden Turki, Reccep Erdogan
Erdogan

ANKARA – Pemimpin oposisi Turki, Partai Rakyat Republik (CHP), Kemal Kilicdaroglu telah meminta pemerintah untuk mengusir para diplomat Arab Saudi terkait kasus hilangnya wartawan dan aktivis Saudi baru-baru ini, Jamal Khashoggi di Istanbul, seperti dilansir Almasdarnews (10/10).

“Para diplomat Saudi … harus diusir dari negara ini. Mereka harus dinyatakan personae non-gratae. Turki seharusnya tidak menutup-nutupi para penjahat,” kata Kilicdaroglu ketika berbicara di parlemen.

Baca: Teman Khashoggi Tuduh Putra Mahkota Saudi ‘Pembunuh’

Menurut Konsulat Jenderal Saudi, Khashoggi menghilang setelah meninggalkan gedung. Misi diplomatik Saudi mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan pihak berwenang Turki untuk menentukan keadaan pasti seputar hilangnya jurnalis.

Penyiar NTV Turki melaporkan pada hari Rabu bahwa ahli forensik Saudi Mohammed al-Tubaigy diduga berada dalam kelompok 15 warga Saudi yang tiba di Turki pada hari hilangnya Khashoggi.

Baca: Komentar Trump Soal Pembunuhan Jurnalis Saudi

Penyiar telah mempublikasikan gambar kamera pengintai yang menunjukkan mobil yang membawa 15 orang Saudi mendekati Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul, dan al-Tubaigy memasuki gedung sekitar satu jam sebelum kunjungan Khashoggi.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Arab Saudi harus membuktikan bahwa Khashoggi telah meninggalkan konsulat Saudi di Istanbul.

Baca: Media Turki Benarkan Jurnalis Saudi Dibunuh Secara Brutal

Khashoggi hilang minggu lalu. Menurut tunangan jurnalis, Khashoggi diundang ke konsulat Saudi di Istanbul untuk mendapatkan dokumen yang dibutuhkan untuk pernikahannya yang akan datang.

Tunangan jurnalis tinggal di luar menunggu Khashoggi selama lima jam sebelum diberitahu oleh salah satu pegawai Konsulat Jenderal bahwa tunangannya sudah pergi. Laporan media mengatakan bahwa para penyelidik Turki percaya bahwa wartawan itu dibunuh di dalam konsulat, tetapi Arab Saudi membantah tuduhan tersebut. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: