Eropa

Operasi Rusia di Suriah Tewaskan 86 Ribu Teroris

Russian Air Force
Russian Air Forces

MOSKOW – Serangan Rusia terhadap teroris di Suriah telah menewaskan lebih dari 86.000 teroris dan 830 pimpinannya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Rabu kemarin, dan juga memublikasikan informasi rinci tentang operasi di Suriah, seperti dilansir Almasdarnews (22/08).

Baca: Operasi Besar-besaran Rusia-Suriah Tumpas Teroris di Idlib

“Sebanyak 830 pemimpin teroris, lebih dari 86.000 militan, termasuk 4.500 imigran dari Federasi Rusia dan negara-negara CIS, dieliminasi,” menurut video yang diposting di saluran YouTube resmi Kementerian Pertahanan itu.

Krisis di Suriah dimulai pada tahun 2011, ketika berbagai kelompok oposisi berusaha untuk menggulingkan Presiden Suriah Bashar Al-Assad selama kerusuhan Musim Semi Arab. Militer Rusia memulai operasi di negara itu pada tahun 2015 untuk menghentikan perang saudara dan membantu pemerintah yang diakui secara internasional untuk memerangi militan radikal, termasuk kelompok teror Daesh.

Baca: Rusia-Suriah Bangun Kembali Infrastruktur di 5 Provinsi

Senjata Rusia dalam operasi di Suriah

Rusia telah menguji 231 sampel senjata terbaru dan termodern selama operasi di Suriah, kata kementerian itu, pada hari Rabu.

“Kapal perang dan kapal selam Angkatan Laut Rusia melakukan 100 serangan dengan rudal jelajah Kalibr yang diluncurkan dari laut ke sasaran para teroris. Penerbangan jarak jauh Strategis dari Angkatan Udara Rusia telah melakukan 66 serangan dengan rudal jelajah yang diluncurkan dari udara,” kata kementerian itu.

Menurut laporan kementerian, 70 pesawat tak berawak, seperti Forpost dan Orlan-10, melakukan penerbangan di langit Suriah setiap hari. Kementerian menegaskan bahwa Drone telah melakukan lebih dari 25.000 penerbangan pengintaian dan mendeteksi 47.500 target musuh.

Secara total, menurut laporan itu, pasukan Rusia telah menguji 231 sampel senjata terbaru dan dimodernisasi selama operasi di Suriah.

Kesuksesan Operasi Militer

“Sebagai hasil dari operasi itu, pasukan Suriah, yang didukung oleh pasukan Rusia, telah membebaskan lebih dari 1.400 pemukiman dari cengkeraman teroris, lebih dari 96 persen wilayahnya berada di bawah kendali pasukan pemerintah dan unit-unit milisi,” kata kementerian itu.

Baca: Siasat Licik Israel Rayu Rusia Tendang Iran dari Suriah

Lebih dari 63.000 personel militer Rusia, termasuk 434 jenderal dan sekitar 26.000 perwira, memperoleh pengalaman tempur di Suriah, kata kementerian itu, dan menambahkan bahwa 91 persen awak penerbangan militer Rusia dan 60 persen awak penerbangan strategis dan jarak jauh memperoleh pengalaman tempur. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: