Fokus

Operasi Militer Senyap Rusia-Suriah di Idlib

Istana Kremlin
Istana Kremlin

MOSKOW – Kremlin mengatakan bahwa koordinasi antara Rusia dan Suriah ada, tetapi tidak ada informasi tentang kesepakatan tentang tanggal operasi militer di Idlib, kata juru bicara kepresidenan Rusia Dmitry Peskov.

Baca: Konvoi Besar Militer Turki Memasuki Idlib Suriah

Menurut koresponden Al-Mayadeen (10/09), pesawat-pesawat tempur Suriah menyerang posisi militan Jabhat Nusra dan kelompok-kelompok sekutunya di kota Zakat, Buwaida dan sekitar Kafr Zita di pedesaan Hama utara.

Sejalan dengan penyerangan di Hama, peluncur roket tentara Suriah menargetkan posisi dan gerakan gerilyawan Jabhat Nusra di beberapa kota di desa selatan Idlib. Kelompok-kelompok bersenjata mempublikasikan cuplikan yang termasuk dalam serangan-serangan Suriah di pedesaan Hama.

Baca: Komandan dan Ahli Senjata Kimia Teroris Melarikan Diri dari Idlib ke Turki

Sementara itu, observatorium oposisi Suriah mengatakan bahwa pasukan Turki terus memperkuat poin mereka di provinsi Aleppo, Idlib dan Hama dalam persiapan untuk kemungkinan pertempuran di sana.

Dalam konteks terkait, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Oleg Seromolotov mengatakan bahwa persiapan untuk operasi militer yang mungkin terjadi untuk membebaskan Idlib dari teroris dilakukan dengan hati-hati dan rahasia dengan mempertimbangkan aspek kemanusiaan.

Baca: Duet Bomber Rusia-Suriah Nonstop Hajar Teroris di Idlib dan Hama

Dia juga menekankan bahwa para teroris di Suriah memiliki kemampuan untuk memproduksi senjata kimia serta mendapatkan dukungan materi dan teknis dari luar negeri.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia menambahkan bahwa “selama bertahun-tahun pertempuran di Suriah, dan di negara tetangga Irak, telah banyak informasi tentang pengambilalihan militan pada dokumen teknis dan ilmiah untuk produksi senjata kimia, dan fasilitas kimia dengan peralatan serta keterlibatan militer, ahli sipil, juga ahli kimia dalam penyusunan zat beracun”. Dia menunjukkan bahwa teroris menerima “dukungan material dan teknis spesifik dari barat”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: