Headline News

Operasi Gabungan Tentara Suriah Sebabkan Kerugian Besar Teroris di Idlib

Selasa, 09 Januari 2018 – 10.45 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Pasukan Suriah yang didukung oleh pejuang sekutu dari kelompok-kelompok pertahanan populer, melakukan operasi baru melawan teroris takfiri yang disponsori asing di provinsi barat laut Idlib, yang menimbulkan kerugian besar pada musuh dan membebaskan lebih banyak wilayah.

Baca: Kapal Selam Rusia Hajar Jabhat Fath al-Sham dengan Rudal Jelajah di Idlib Suriah

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (HAM) melaporkan pada hari Senin bahwa tentara Suriah dan sekutunya telah merebut kembali kendali penuh 14 desa, termasuk Abul Eleij, Abu Tahiha, Ajaz, al-Farjah, Bashkun, al-Daoudia, Jeb Elqasab, Mardagana Burtuqala dan Rubaa al-Hawa, di distrik Maarrat al-Nu’man di provinsi tersebut menyusul bentrokan sengit dengan anggota aliansi teroris Hai’at Tahrir al-Sham (HTS).

Kelompok pemantau yang berbasis di Inggris mengatakan pasukan pemerintah Suriah dan loyalis mereka, yang dipimpin oleh Brigadir Suhail al-Hassan, telah berhasil membebaskan 78 desa dan kota di Idlib sejak 25 Desember tahun lalu.

Baca: Teroris Ahrar al-Sham di Homs Rame-rame Serahkan Senjata ke Tentara Suriah

Observatorium lebih lanjut mencatat bahwa tentara Suriah dan sekutunya sekarang hanya 11 kilometer dari pangkalan udara utama Abu al-Zuhour, kemungkinan dalam waktu dekat akan direbut kembali dan tentara Suriah dapat kembali melakukan serangan udara terhadap posisi militan di Idlib. Keuntungan baru tersebut terjadi setelah pasukan Suriah berhasil mengendalikan sebuah markas penting teroris takfana yang disponsori asing di provinsi Idlib, pada Minggu malam.

Sumber militer yang meminta namanya dirahasiakan, mengatakan bahwa pasukan pemerintah dan sekutu mereka membebaskan kota Sinjar di distrik Maarrat al-Nu’man, Idlib, yang terletak kira-kira 300 kilometer utara ibukota Damaskus, pada hari Minggu setelah anggota aliansi teroris Hai’at Tahrir al-Sham (HTS) dikalahkan.

Baca: Tentara Suriah dan Sekutu Rebut Benteng Terbesar ISIS di Albukamal

Sumber tersebut menambahkan bahwa tentara Suriah dan sekutu mereka juga dalam perjalanan untuk merebut kembali kota-kota Mutawasita, Khiara, dan Kafraya al-Ma’ara. Sinjar akan menjadi  kunci untuk operasi militer lebih lanjut di provinsi Idlib. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: