Internasional

Operasi Besar Tentara Suriah Dekat Perbatasan Turki

Mao Militer Suriah

SURIAH – Dengan selesainya pertempuran di barat daya Suriah, SAA mulai mengalihkan perhatian mereka ke bagian barat laut negara itu. Secara khusus, Tentara Arab Suriah sedang bersiap-siap untuk dua pertempuran besar di barat laut Suriah barat, dan berkonsentrasi pada pembebasan Latakia dari cengkeraman ISIS, seperti dilansir Almasdarnews (09/08).

Baca: Serangan Kalap Israel di Sepanjang Perbatasan Lebanon-Suriah

Serangan besar pertama akan fokus pada wilayah Jabal Al-Akrad dan Jabal Turkmen dari utara Latakia yang sebagian dikendalikan oleh Hay’at Tahrir Al-Sham dan Tentara Pembebasan Suriah (FSA), dan beberapa faksi jihadis yang berafiliasi denganya.

Tidak seperti pertempuran mereka sebelumnya di bagian provinsi ini, serangan ini tidak akan berhenti sampai Tentara Arab Suriah sepenuhnya menutup perbatasan Latakia-Turki.

Baca: Ankara Berikan Lampu Hijau Rusia-Suriah Rebut Kota Strategis Dekat Perbatasan Turki

Perbatasan timur laut dari provinsi Latakia telah lama menjadi zona masuk utama bagi ribuan teroris dari Turki.

Jika SAA dapat menutup perbatasan Latakia-Turki, maka akan berada di posisi utama untuk menyerang kubu teroris dari Jisr Al-Shughour.

Al-Ghaab Plain

Sementara Divisi ke-4 Tentara Arab Suriah fokus pada Latakia utara, pasukan Harimau akan bertugas merebut kembali seluruh bagian utara Al-Ghaab Plain.

Karena kedekatannya dengan Jisr Al-Shughour, Al-Ghaab Plain sangat penting direbut kembali sebelum Tentara Arab Suriah dapat membuat kemajuan ke kota strategis ini.

Al-Ghaab Plain saat ini dikuasai oleh teroris Hay’at Tahrir Al-Sham, Tentara Pembebasan Suriah, kelompok Turkestan, dan Jabhat Tahrir Souriya.

Jisr Al-Shughour

Bagian terakhir dari serangan Tentara Suriah akan fokus pada penangkapan kubu teroris di Jisr Al-Shughour, yang terletak di dekat perbatasan Turki.

Baca: Mossad Israel Bunuh Ilmuwan Atom Suriah

Jisr Al-Shughour dikuasai oleh Jabhat Fateh Al-Sham pada Mei 2015, sejak saat itu menjadi pusat utama bagi kelompok-kelompok jihadis di barat laut Suriah.

Kota ini juga tempat pemberontak jihad meluncurkan sebagian besar rudal mereka ke Latakia. Dan menjadi alasan kuat mengapa Komando Tinggi Tentara Suriah dan militer Rusia ingin merebutnya kembali. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: