Internasional

Nilai Ekspor Saudi ke Negara Teluk Turun Drastis Hingga 27 %

Rabu, 05 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, RIYADH – Arab Saudi mengurangi nilai ekspor non-migas ke Dewan Kerjasama Teluk atau yang dikenal Gulf Cooperation Council (GCC) sepanjang bulan Juli 2016 senilai 4,4 miliar riyal atau setara 27,2%. Di mana nilai ekspor non-migas Saudi hanya 11,8 miliar riyal yang sebelumnya mencapai 16,2 miliar riyal pada bulan yang sama di tahun 2015 lalu. (Baca: “Dekrit” Kebangkrutan Saudi)

Perlu diketahui, GCC adalah sebuah blok dagang yang terdiri dari 6 negara Arab di Teluk Persia, yakni Bahrain, Qatar, Kuwait, Oman, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Uni Emirat Arab adalah negara yang menduduki posisi pertama dari daftar negara importir dengan nilai 1,3 miliar riyal, disusul Kuwait senilai 501 juta riyal, sebagaimana yang terdapat dalam laporan yang dikeluarkan oleh Otoritas Umum Statistik di Arab Saudi pada Senin, 3 Oktober 2016.

Laporan ini juga menunjukkan penurunan ekspor komoditas Saudi pada Juni 2016 senilai 2,4 juta riyal atau setara 17,1%. (Baca: BANGKRUT! Saudi Naikkan Biaya Visa Menjadi 27 Juta)

Sementara itu, ekspor komoditas Saudi ke China pada bulan Juli, senilai 1,8 miliar riyal dan mengalami penurunan sebesar 1,1 juta riyal jika dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun 2015.

Sedangkan ekspor komoditas ke India senilai 831 juta riyal, dan mengalami penurunan sebesar 15 juta riyal jika dibandingkan dengan tahun lalu. Begitu juga dengan ekspor komoditas ke Singapura senilai 721 juta dan mengalami penurunan senilai 83 juta riyal. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: