Afrika

Nigeria: Ancaman Boko Haram Serang Ibukota Abuja Hanyalah Propoganda

Minggu, 14 Mei 2017 – 12.40 Wib,

SALAFYNEWS.COM, ABUJA – Kelompok bersenjata Boko Haram telah merilis sebuah video yang menampilkan pemimpin-pemimpin mereka yang telah bebas pada minggu lalu sebagai hasil dari pertukaran dengan pembebasan 82 siswa yang mereka culik dari kota Chibok sejak April 2014 lalu. Dalam video tersebut mereka bersumpah akan menyerang ibukota Abuja. (Baca: Pasukan Kamerun Serbu Teroris Khilafah Boko Haram)

Dalam video tersebut, salah seorang pemimpin dari mereka yang diketahui bernama Abu Dardaa’ mengatakan bahwa “Boko Haram akan kembali ke hutan Sambisa yang telah diumumkan pembebasannya oleh pasukan Nigeria pada Desember lalu dan kami akan mepersiapkan serangan untuk ibukota Abuja”.

Ancaman Boko Haram ini dikeluarkan saat dimulainya tahapan lain dari perundingan antara pemerintah dengan para militant dengan tujuan untuk membebaskan siswa lainnya yang masih ditahan oleh kelompok Boko Haram. (Baca: Boko Haram Ingin Dirikan ‘Khilafah’ Tapi Tak Bisa Ngaji dan Suka Narkoba)

Menanggapi hal ini, militer Nigeria mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari sabtu (13/05) bahwa “video tersebut hanyalah propaganda mereka saja“. Ia menegaskan bahwa orang-orang yang berbicara dalam video tersebut termasuk orang-orang yang terlibat dalam kesepakatan pertukaran dengan pemerintah”, seperti dilansir Arabic.rt (13/05). (Baca: Radikalisme dan Terorisme Adalah Buah Haram Wahabisme)

Juru bicara milter Nigeria, Sani Kukasheka Otsman mengatakan bahwa “Kami secara langsung telah memperoleh keuntungan dari operasi militer yang kami lancarkan yang berujung dengan pembebasan 82 bocah perempuan yang telah ditahan Boko Haram sejak 2 tahun lalu, dan mereka tidak memiliki kemampuan untuk melakukan apa-apa di hadapan kami, dan karena hal inilah kami mengabaikan ancaman ini dan menganggapnya sebagai isapan jempol belaka”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: