Eropa

NGERI! Serangan Teror di Barcelona Tewaskan 13 Orang

Jum’at, 18 Agustus 2017 – 06.53 Wib,

SALAFYNEWS.COM, BARCELONA – Sebanyak 13 orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan teror minibus (van) terhadap kerumunan orang di tengah kota Barcelona Spanyol, dimana organisasi teroris ISIS disebut-sebut bertanggung jawab atas serangan ini. (Baca: Pertemuan Assad dan Delegasi Eropa, Kebijakan Kalian Bela Teroris Rugikan Rakyat)

Sebuah sumber resmi mengungkapkan setidaknya 13 orang tewas dan lebih dari 100 orang lainnya mengalami luka-luka akibat serangan teroris ini. Setelah serangan ini, pemerintah setempat belum mengkonfirmasi informasi jumlah korban, namun media memperkirakan bahwa jumlah korban tewas lebih banyak.

Polisi setempat mengatakan bahwa van tersebut menabrak kerumunan orang di jalan La Rambla di jantung kota Barcelona, sementara itu biro layanan darurat setempat menganjurkan para warga untuk menjauhi wilayah di sekitar Catalonia Square.

Selain itu, polisi setempat memberlakukan penjagaan keamanan yang ketat di sekitar lokasi serangan. Dilaporkan bahwa 5 mobil ambulans telah sampai di lokasi kejadian dan stasiun metro dan kereta api pun sementara ditutup. (Baca: Teroris ISIS Gunakan Anak Kecil Untuk Serang Eropa dan Barat)

Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy mengatakan bahwa setelah insiden tersebut ia terus melakukan kontak dengan semua pihak keamanan. Ia menegaskan bahwa prioritasnya adalah memperhatikan korban yang terluka dan menangkap para penyerang.

Sementara itu, beberapa sumber berhasil mendapatkan foto seseorang yang bernama Idris Akaber yang diketahui sebagai orang yang menyewa van yang digunakan untuk melakukan serangan teror tersebut, sumber-sumber ini mengatakan bahwa ia adalah pelaku serangan tersebut.

Surat kabar Spanyol mengatakan bahwa salah satu pelaku penyerangan ini tewas dalam aksi baku tembak dengan polisi tanpa menyebutkan jumlah pelaku. Surat kabar lain melaporkan bahwa dua orang yang diuga terlibat dengan serangan van ini telah ditangkap oleh pihak kepolisian.

Sementara itu kantor berita Reuters mengutip dari akun pro-ISIS di situs internet yang menyebutkan bahwa ISIS lah yang bertanggung jawab atas serangan ini. Pemerintah daerah Catalonia mengumumkan hari berkabung selama tiga hari untuk menghormati para korban dari serangan teror Barcelona ini. (Baca: Teroris ISIS Akan Kacaukan Eropa Seperti Timur Tengah)

Selain itu, polisi Catalonia mengatakan bahwa pengemudi van ini juga menabrak dua polisi di sebuah pos pemeriksaan di kota Barcelona, setelah melakukan serangan berdarah di pusat kota Barcelona.

Polisi Catalonia di akun Twitter nya tidak mengkonfirmasi apakah serangan van yang menabrak dua polisi ini berkaitan dengan serangan pertama yang telah menewaskan 13 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. (SFA)

Sumber: Arabic.rt

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: