Fokus

Ngakak, Fadli Zon Sebut Dukun Lebih Hebat dari Lembaga Survei

Fadli Zon di Gedung Nusantara Jakarta

JAKARTA – Jagoannya kalah di Jabar dalam Quick Count, Fadli Zon sebut dukun lebih hebat dari lembaga survei.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai keberadaan lembaga survei di Indonesia harus dievaluasi. Hal itu disampaikan Fadli menanggapi hasil hitung cepat Pilkada Jawa Barat.

Baca: Jurus Politik Ciamik Jokowi di Pilgub Jabar 2018

Pada hitung cepat, perolehan suara pasangan calon yang diusung Gerindra dan PKS, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, melampaui prediksi lembaga survei. Diketahui, berdasarkan hasil hitung cepat Litbang Kompas, pasangan Sudrajat-Syaikhu meraup 29,53 persen suara.

Perolehan itu tak jauh dari suara pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang menurut hitung cepat itu unggul dengan meraup 32,54 persen suara.

“Yang paling luar biasa survei ini selain salah, harus dievaluasi keberadaan mereka. Metodologi mereka itu tidak bisa akurat lagi, prediksi mereka jauh. Saya kira lebih hebat dukun dari lembaga survei, dan mereka bisa dianggap sebagai penyebar hoaks gitu lho,” ujar Fadli.

Ke depan, Ia mengusulkan pemberian sanksi bagi lembaga yang melenceng jauh hasilnya saat merilis survei. Sebab, jika tidak ditertibkan, ke depannya Fadli khawatir lembaga survei akan digunakan sebagai alat untuk menggiring opini publik guna memenangkan pihak tertentu.

Baca: Gara-gara Tak Coblos Paslon PKS, Bu Guru SDIT Darul Maza Bekasi Dipecat

“Jadi mereka bisa berfungsi sebagai political tools atau alat politik. Kami melihat bahwa gerindra di sini tangguh bersama koalisi kami, dengan PKS, begitu juga di Jateng bukan figur populer seperti Pak Sudirman Said. Kami melihat cukup tangguh,” ujar Fadli.

Sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan Sudrajat-Syaikhu di posisi nomor tiga dalam survei yang digelar sebelum pencoblosan. Mereka di bawah Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. Tingkat elektabilitas Sudrajat-Syaikhu berkisar antara 8-10 persen. (SFA)

Sumber: TribunNews

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: PPP Sarankan Fadli Zon Buat 'Lembaga Dukun' | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: