Amerika

New York Times: Rencana Baru Saudi di Lebanon untuk Serang Hizbullah

Rabu, 27 Desember 2017 – 06.11 Wib,

SALAFYNEWS.COM, NEW YORK – Surat kabar AS New York Times melaporkan bahwa ada rencana jangka panjang yang sedang diterapkan Arab Saudi untuk menghadapi Hizbullah di Lebanon yakni dengan mempersenjatai para milisi di kamp-kamp Palestina yang ada di Lebanon.

Baca: Ini Janji Hizbullah Hadapi Tekanan Saudi dan AS

Surat kabar AS ini mengatakan dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada hari Senin (25/12) bahwa, “Arab Saudi berusaha untuk mempersenjatai milisi-milisi yang berada di kamp-kamp Palestina untuk menghadapi Hizbullah yang bertujuan untuk meningkatkan pengaruh Saudi sehingga bisa mengalahkan pengaruh Iran di Lebanon”. Surat kabar ini menjelaskan bahwa “pejabat Lebanon dan Barat menyatakan keprihatinannya terkait ketidak stabilan kamp-kamp pengungsi dan pembentukan milisi di dalam dan diluar kamp”.

Baca: Hizbullah Kepung Teroris ISIS di Perbatasan Suriah-Lebanon

Selain itu, New York Times mengutip dari para pejabat Lebanon dan beberapa diplomat Barat mengatakan bahwa, “ada kekhawatiran di Beirut bahwa Arab Saudi dan sekutunya di Lebanon membentuk milisi anti-Hizbullah di kamp atau di tempat lain”. Surat kabar ini juga menegaskan bahwa “karena kekhawatiran yang mendalam, pejabat Lebanon harus bekerja ekstra untuk mengatasi apa yang mereka takutkan dari rencana jangka panjang Arab Saudi untuk mengacaukan kamp-kamp pengungsi Palestina yang mudah dikacaukan di Lebanon”.

Baca: Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman Tantang Perang dengan Iran

Surat kabar Inggris “Middle East Eye” mengutip dari berbagai sumber menjelaskan tentang rincian kunjungan presiden Palestina Mahmoud Abbas ke Arab Saudi, dimana ia bertemu dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, dan rincian terakhir menyebutkan bahwa Abbas diminta melakukan upaya untuk memasukkan orang-orang Palestina yang ada di Lebanon ke kamp yang pro-Arab Saudi dan tinggal jauh dari kamp yang pro-Iran yang dipimpin Hizbullah. Jika Abbas tidak melakukannya, ada pemimpin oposisi Fatah, Mohammed Dahlan yang bisa melakukannya. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: