Eropa

NATO Kerahkan Ratusan Kendaraan Militer ke Estonia

Kamis, 23 Maret 2017

SALAFYNEWS.COM, ESTONIA – Sejumlah tank, senjara artileri dan perangkat keras militer lainnya dari Inggris dan Jerman telah mulai berdatangan di Estonia. Kedatangan mereka dalam rangka apa yang disebut Menteri Pertahanan Inggris sebagai penyebaran terbesar di Eropa Timur sejak Perang Dingin.

“Kontingen pertama dari ratusan kendaraan militer Inggris telah tiba di Estonia pada Rabu kemarin, menggunakan feri dari pelabuhan Inggris dan Jerman,” bunyi laporan Kementerian Pertahan (Kemhan) Inggris seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (23/3/2017).

Menurut Kemhan Inggris menyatakan peralatan militer berat itu akan dipindahakan dari pelabuhan Estonia ke sebuah pangkalan militer di Tapa. Peralatan militer tersebut macam tank Challenger 2, Terrier, Titan dan Trojan serta kendaraan tempur infanteri lapis baja untuk teknisi dan prajurit.

Pengiriman ditujukan untuk mendukung kelompok tempur Inggris di negara Eropa Timur. Kemhan Inggris juga menekankan bahwa pengiriman itu adalah salah satu penyebaran terbesar yang pernah dilakukan NATO di wilayah tersebut.

“Ini adalah awal dari salah satu penyebaran terbesar di Eropa Timur sejak Perang Dingin,” kata Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon. Fallon menambahkan bahwa pada akhir April akan ada 800 tentara Inggris, dengan persenjataan dan tank di Estonia, dekat dengan perbatasan Rusia.

Penyebaran tentara NATO di Eropa Timur adalah bagian untuk meningkatkan keamanan wilayah dari agresi Rusia. Hal ini dipicu dari aneksasi Rusia terhadap Semenanjung Crimea dari Ukraina. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: