Internasional

Nabih Berri Tolak Bertemu 2 Pejabat PBB Pro Israel

Nabih Berri
Nabih Berri

LEBANON – Ketua Parlemen Lebanon dan pemimpin Gerakan Amal, Nabih Berri, menolak bertemu dengan dua pejabat AS di tempat tinggalnya, ‘Ayn Al-Tineh, Al-Joumhouria melaporkan pada hari Jum’at (27/07).

Baca: Hizbullah: Saudi Ancaman Nyata Stabilitas Politik di Lebanon

Terkait “perilaku menjijikkan” dua pejabat AS, politisi veteran itu menolak untuk mengambil bagian dalam pertemuan dengan Koordinator Special PBB untuk Lebanon, Bernell Cardel, dan mantan komandan UNIFIL, Michael Beary.

“Saya menolak untuk menerima dia di Ain el-Tineh karena dia telah melewati batas. Dia tidak hanya membahayakan Lebanon, tetapi dia juga membahayakan peran PBB,” kata Berri kepada Al-Joumhouria.

Baca: Mufti Lebanon: Langkah Trump di Palestina adalah Praktek Terorisme

Berri mengecam Cardel selama pertemuan terakhir mereka pada bulan April, mengklaim bahwa “dia selaras dengan kebijakan Israel dengan mengorbankan hak kami dan perbatasan kami. Saya memberikan perhatian kepadanya bahwa dia telah membuat komitmen untuk melanjutkan kebijakan pendahulunya, Sigrid Kaag, tetapi dia menyangkal.”

“Dia melanggar norma-norma diplomatik dan fakta-fakta obyektif ketika mengunjungi orang-orang Lebanon dan menahan saya bertanggung jawab untuk mengganggu resolusi sengketa perbatasan dengan entitas pendudukan Israel.”

Baca: AS, Israel dan Saudi Intervensi Pemilu Lebanon Untuk Hancurkan Hizbullah

“Saya sadar akan orientasi agresifnya terhadap saya,” tambahnya pada Cardel.

Mengenai Beary, pemimpin Gerakan Amal menolak untuk bertemu dengannya atas partisipasinya pada hari kemerdekaan Israel.

“Tidak hanya Beary yang melakukan itu, tetapi dia juga men-tweet ucapan selamat Israel pada kesempatan ini, mengabaikan fakta bahwa dia adalah komandan UNIFIL di Lebanon dan perannya membutuhkan perilaku yang berbeda dan menghormati posisinya dan perasaan orang-orang Lebanon yang telah membayar mahal atas agresi pendudukan Israel dan perangnya,” tutupnya. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: