Internasional

Mufti Agung Aswaja Lebanon, Tolak Kutuk Kudeta di Turki, Mengapa?

Jum’at, 22 Juli 2016

SALAFYNEWS.COM, LEBANON – Mufti (Aswaja) Agung Lebanon, Syeikh Abdul Latif Derian selaku sekretaris jenderal Kelompok Islam Azzam al-Ayoubi di Lebanon, dalam pertemuan akbar organisasi itu di Masjid Al-Amir Assaf di pusat kota Bairut, secara mengejutkan menolak untuk mengutuk kudeta militer di Turki dan menolak menyatakan solidaritas terhadap Erdogan atas percobaan kudeta yang gagal. (Baca: Wawancara Jurnalis Turki di TV One: Kudeta Militer Turki Tidak Masuk Akal)

Para pengamat mengatakan bahwa penolakan Syeikh Abdul Latif Derian untuk mengeluarkan solidaritas dengan Erdogan terhadap kudeta yang gagal di Turki, disebabkan oleh pemulihan hubungan Turki dengan rezim Bashar Assad dan keterlibatan Mohammad bin Salman dalam kudeta, yang bisa mempengaruhi dukungan keuangan Saudi pada organisasi Islam Azzam al-Ayoubi, jika membuat kecaman atas kudeta yang berlangsung di Turki. (Baca: Presiden Mesir: Erdogan adalah Alasan di Balik Kudeta Turki)

Sementara pengamat lain mengatakan penolakan Syeikh Abdul Latif Derian dikarenakan Erdogan melakukan pemulihan hubungan dengan rezim Zionis Israel, dan keterlibatannya dalam perang proxy di Suriah. (SFA)

Sumber: Middle East Panorama

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: