Eropa

Moskow Kirimkan “Salam Perang” kepada Washington untuk Suriah

Rabu, 19 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Sumber militer Rusia mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan sebuah surat kabar “Izvestia” bahwa Kementerian Pertahanan Rusia telah menyusun rencana diplomasi militer yang menyeluruh di dalam dan di luar wilayah Suriah untuk menghadapi rencana Washington. (Baca: Kesal dengan AS di Suriah, Rusia Uji Coba 3 Rudal Antar Benua)

Menurut “Russia Today”, sumber tersebut mengatakan bahwa Rusia tidak akan menerapkan rencana tersebut, kecuali jika Rusia mengetahui dengan pasti gagalnya seluruh perundingan mengenai Suriah, dan Washington mengeluarkan rencana “B” yang telah menjadi buah bibir akhir-akhir ini. (Baca: Inilah Alasan Sebenarnya Rusia Sebarkan Rudal S-300 di Suriah)

Berkaitan dengan hal ini, surat kabar Rusia juga mengutip dari Maxim Shipovalenko dari Institut Analisis Strategis dan Teknologi Rusia yang menyatakan bahwa Rusia telah meningkatkan sistem pertahanan udara di Suriah dan mengirim sarana tambahan perang elektronik ke Suriah serta membekali pasukan Suriah dengan sejumlah pesawat tempur dan senjata artileri dari berbagai jenis dan fokus pada misi “membangkitkan kembali kekuatan pasukan Suriah”. Kita bisa melihat pada rudal canggih S-300 dan S-400 Rusia yang telah dioperasikan di Suriah baru-baru ini, yang mampu menutupi seluruh wilayah dan pos-pos pasukan Suriah serta pergerakannya. Kementerian Pertahanan Rusia juga menyatakan telah memasok banyak senjata ke Suriah, termasuk kendaraan “self-propelled artillery”.

Shipovalenko menambahkan bahwa perubahan situasi di Suriah tergantung pada penguasaan aksi dan pertempuran dan manajemen pertempuran, dan ia menunjuk pada “kemampuan tentara Assad yang telah berkurang setengahnya sehingga kekuatan tentara Suriah mengalami kekurangan pasukan dalam jumlah yang besar”. Hal inilah yang menyebabkan tidak terciptanya keberhasilan di Suriah meskipun langit mereka dilindungi oleh kekuatan udara Rusia. (Baca: Rusia Keluarkan Senjata Rudal Modern dan Canggih Terbaru X 101 di Suriah)

Shipovalenko mengatakan bahwa di antara langkah-langkah yang bisa di terapkan ialah mendirikan akademi militer Rusia di Suriah yang melatih para perwira dan tentara Suriah dan meningkatkan kemampuan taktis bagi para perwira tingkat atas. Shipovalenko menyimpulkan bahwa “tidak mungkin kondisi Suriah bisa berubah selain dengan membangun kesatuan pasukan yang memiliki kemampuan militer yang diperlukan yang merupakan tulang punggung bagi negara Suriah yang baru”. Hal ini secara tegas menjelaskan bahwa Rusia secara signifikan meningkatkan dukungan militernya di Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: