Eropa

Moskow: AS Dirikan Negara ‘Bayangan’ Suriah

Sergei Lavrov
Sergei Lavrov

MOSKOW – Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyatakan bahwa AS berusaha untuk membangun “Quasi-State” (suatu istilah yang diperkenalkan oleh Robert Jackson dalam bukunya yang berjudul “Quasi-State”. Secara garis besar istilah quasi-state dapat diartikan sebagai sebuah Negara yang walaupun memiliki kedaulatan dan diakui oleh komunitas internasional, akan tetapi tidak mendapatkan kepercayaan dari warga negaranya dan tidak dapat menjalankan fungsinya secara benar) di timur sungai Eufrat, Suriah, selama wawancara dengan RT Prancis, Paris Match dan Le Figaro di Moskow pada hari Jumat, seperti dilansir Almasdarnews (13/10).

Baca: Iran di PBB: Amerika Harus Angkat Kaki dari Suriah

“Di wilayah Suriah ada tanah luas di timur Sungai Efrat, dimana hal-hal yang benar-benar tidak dapat diterima sedang terjadi. AS mencoba menggunakan tanah ini melalui sekutu mereka -Kurdi- untuk mendirikan negara Quasi disana”, kata Lavrov.

Baca: Wajah Busuk Amerika di Suriah, AS Latih Militan Baru untuk Perangi Assad dan Rusia

“AS dengan segala cara secara ilegal berusaha untuk mendirikan negara Quasi di wilayah ini, mencoba melakukan segala sesuatu disana untuk menciptakan kondisi hidup normal bagi bawahan mereka, menciptakan struktur otoritas yang merupakan alternatif bagi yang sah (struktur) Republik Arab Suriah dan secara aktif membantu dalam pengembalian pengungsi dan pemukiman mereka disana”, tambahnya.

Baca: Lavrov: Amerika Terus Kobarkan Api di Idlib Suriah

“Di wilayah itu AS mencoba untuk menjaga situasi dalam kondisi panas agar semua orang berada di tepi. Dan di perairan berlumpur seperti itu, jauh lebih mudah bagi mereka untuk menangkap ikan yang mereka inginkan”, kata Lavrov. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: