Fokus

Mogherini Semprot Israel Hanya IAEA yang Berhak Nilai Program Nuklir Iran

Federica Mogherini

TEHERAN – Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa mengatakan bahwa apa yang Perdana Menteri Israel coba tunjukkan ketika dokumen-dokumen tentang pekerjaan nuklir “rahasia” Iran, gagal mempertanyakan kepatuhan Teheran dengan kesepakatan nuklir 2015, dan bahwa yang boleh menilai klaim semacam itu hanya pengawas nuklir PBB.

Baca: Komentar Direktur IAEA Terkait Kesepakatan Nuklir Iran

“Apa yang saya lihat sejak mulai laporan pertama adalah bahwa Perdana Menteri Netanyahu belum mempertanyakan kepatuhan Iran dengan komitmen JCPOA (Joint Comprehensive Plan of Action), yang berarti komitmen nuklir pasca-2015,” kata Federica Mogherini, Senin (30/04).

Pernyataan itu datang beberapa jam setelah Netanyahu meluncurkan apa yang dia klaim sebagai “bukti konklusif rahasia” program nuklir Iran selama pidato televisi dari kementerian Israel untuk urusan militer.

Baca: Federica Mogherini ‘Semprot’ AS Terkait Kesepakatan Nuklir Iran

Berdiri di depan layar besar dan menggunakan alat bantu visual yang besar, perdana menteri Israel itu mengklaim bahwa “Iran dengan berani berbohong” tentang kegiatan nuklirnya, menyajikan 55.000 halaman dokumen dan 55.000 file dalam CD sebagai bukti yang dituduhkan.

Acara anti-Iran baru Netanyahu itu dia laksanakan hanya beberapa hari menjelang tenggat waktu 12 Mei bagi Presiden AS Donald Trump untuk memutuskan apakah Washington akan mempertahankan pihaknya dari kesepakatan multilateral dengan Iran. Trump telah memberikan pihak-pihak Eropa anggota JCPOA sampai tanggal itu untuk memperbaiki apa yang ia sebut “cacat” dalam kesepakatan, atau berisiko menghadapi keluarnya AS.

Baca: Presiden Israel; Kami Terisolasi Setelah Kesepakatan Nuklir Iran

Klaim baru pemimpin Israel itu bertentangan dengan sejumlah laporan oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang memverifikasi komitmen penuh Iran terhadap perjanjian. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Perang Mulut Israel dan Iran Semakin Memanas | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: