Internasional

Moallem: Turki dan Saudi Sejak Lama Dukung Terorisme

Kamis, 19 Mei 2016

SALAFYNEWS.COM, DAMASKUS  –  Menteri Luar Negeri Suriah, Walid al-Moallem, mengatakan bahwa negaranya terus berupaya memerangi terorisme  sambil terus bekerja keras guna menyelesaikan krisis dan menindaklanjuti pembicaraan di Jenewa.

Media resmi “SANA” menulis bahwa pernyataan itu disampaikan oleh al-Moallem selama  pertemuannya, Rabu (18/05), dengan Wakil Menteri Hubungan dan Kerjasama Internasional Republik Afrika Selatan, Nomaindia Mfeketo, bersama beberapa delegasi.

Menteri Luar Negeri Suriah itu menceritakan tentang serangan brutal teroris yang dialami Suriah selama lebih dari lima tahun. Serangan itu bertujuan untuk mengacaukan dan menghancurkan tatanan sosial dan menerapkan ideologi Takfiri melalui sejumlah kelompok teroris yang menerima dukungan langsung dari Turki dan Arab Saudi serta beberapa negara lainnya. Negara-negara itu mendanai dan memfasilitasi pelatihan disamping mempersenjatai kelompok-kelompok teroris tersebut. (Baca: Sekjen Keamanan Eropa: “Bom Kimia Jabhat al-Nusra Disuplai Oleh Riyadh”)

Ia juga menjelaskan adanya beberapa pihak yang memfasilitasi penyeberangan ribuan teroris yang berasal dari puluhan negara lewat perbatasan perbatasan menuju Suriah. Moallem meyakinkan bahwa hal itu merusak perdamaian, keamanan dan stabilitas di kawasan bahkan merambah ke seluruh dunia.

Al-Moallem menyampaikan akan pentingnya upaya internasional dalam memerangi dan membasmi fenomena terorisme sambil menegaskan akan peran penting yang dapat dimainkan oleh Afrika Selatan dalam masalah ini.

Pada gilirannya, Mfeketo menegaskan akan dukungan Afrika Selatan dalam menyelesaikan krisis di Suriah dengan cepat. Ia menyampaikan kesiapan negaranya untuk memberikan semua bantuan yang dimungkinkan.  Ia juga menyampaikan dukungan negaranya atas upaya yang bertujuan untuk mencari solusi politik mengatasi krisis oleh rakyat Suriah sendiri yang jauh dari campurtangan asing, sehingga dapat melestarikan kedaulatan Suriah dan integritas teritorial serta memulihkan stabilitas negara tersebut. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: