Fokus

Moallem: AS Hancurkan Suriah Karena Assad Tak Tunduk ke Israel

Waleed Moallem
Menlu suriah

SURIAH – Menteri Luar Negeri Suriah Walid Moallem pada hari Senin mengungkapkan tujuan utama Amerika Serikat di Suriah. Moallem mengatakan bahwa tujuan AS di Suriah adalah untuk mengendalikan semua kegiatan negara demi entitas Israel, seperti dilansir Alalam (10/09).

Baca: Menguak Tirai Kebusukan Israel di Suriah

Moallem mengatakan dalam sebuah wawancara dengan majalah inter affairs “Tujuan AS bukan murni target Amerika, sebenarnya adalah target Israel yang dilaksanakan oleh Amerika Serikat di Suriah, dan itu adalah tujuan yang banyak.”

“Washington tidak ingin Suriah menjadi negara utama yang melawan Israel dan tidak ingin Suriah menjalin hubungan strategis dengan Iran dan Rusia,” katanya.

Baca: Menteri Israel Serukan Pembunuhan Bashar Assad

Menteri tersebut menekankan bahwa Amerika Serikat berusaha untuk membuat Suriah “salah satu alat kebijakan luar negeri Amerika dengan persetujuan Israel.”

Menteri luar negeri Suriah, mengatakan bahwa 75% dari infrastruktur di Suriah hancur oleh serangan teroris, menekankan bahwa tujuan dari serangan adalah kerusakan infrastruktur, yang merupakan tujuan dari para sponsor teroris. dia juga mengkaitkan faktor kehancuran negaranya dengan realita bahwa Suriah adalah salah satu negara yang menolak Israel.

Baca: Bashar Assad: Teroris Berperang Hanya untuk Melayani Zionis Israel

Mengenai jumlah nilai kerusakan material terhadap rekonstruksi di Suriah, Moallem menganggap bahwa tidak ada perkiraan akhir karena aksi militer belum selesai, tetapi menurut penilaian internasional, Suriah membutuhkan 500 miliar dolar untuk kembali ke bentuk sebelum perang.

Menteri luar negeri menekankan bahwa prioritas dalam rekonstruksi akan berpihak pada perusahaan-perusahaan Rusia dan Iran, dua negara yang memihak Suriah selama perang, juga menegaskan partisipasi dari kelompok negara-negara sahabat seperti Cina, India, Malaysia, Brazil dan Afrika Selatan dalam proses rekonstruksi. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: