Headline News

Militer Irak Nyatakan Mosul Bebas dari Teroris ISIS

Minggu, 9 Juli 2017

SALAFYNEWS.COM, MOSUL – Komando Umum Operasi Bersama Irak pada Sabtu (8/07), mengumumkan bahwa pasukan negara tersebut telah mendorong ISIS keluar dari distrik Old Mosul dan membuka jalan bagi pembebasan penuh Mosul dari teroris.

Komando Umum mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa bagian kota Tua Mosul berada di bawah kendali penuh pasukan Irak, dan menambahkan bahwa hanya beberapa ratus meter dari jalan raya di sepanjang tepi sungai Tigris berada di bawah kendali militan.

Juru Bicara Komando Umum Operasi Gabungan Irak Brigadir Jenderal Yahya Rasoul mengatakan bahwa pasukan Irak hanya sedikit jauh dari tepi sungai Tigris di Barat.

Pasukan Irak telah membentuk kontrol militer penuh atas kota Mosul dan hanya sebuah jalur sempit di sepanjang tepi Sungai Tigris, Timur wilayah al-Meidan, tetap berada di bawah kendali ISIS.

TV negara Irak mengumumkan kira-kira sepuluh hari yang lalu bahwa ISIS telah ambruk di Mosul setelah tentara menguasai kembali masjid al-Nuri, di mana pemimpin kelompok teroris tersebut memproklamasikan “kekhalifahan” tiga tahun lalu.

Tentara berhasil menguasai kembali masjid bersejarah Mosul yang hancur.

Gerilyawan ISIS telah melakukan kejahatan historis lainnya dengan meledakkan masjid al-Nuri dan menara al-Hadba.

Mesjid al-Nuri berusia 850 tahun, sangat simbolis karena di situlah pemimpin kelompok ISIS, Ibrahim al-Samarrai, yang juga dikenal sebagai Abu Bakr al-Baghdadi, menyatakan dirinya sebagai khilafah dari kelompok teroris Takfiri. Tak lama setelah kota Mosul jatuh ke tangan teroris pada bulan Juni 2014 dan menjadi ibukota de facto mereka di Irak.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Irak menyatakan bahwa “tidak ada wilayah di kota Mosul yang berada di bawah kendali teroris ISIS”. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: