Asia

Militer Cina Sediakan ‘Pelatihan Medis’ Untuk Militer Suriah

Jum’at, 26 Agustus 2016,

SALAFYNEWS.COM, CINA – Cina mengatakan akan memberikan militer Suriah dengan “pelatihan medis dan keperawatan,” dan menyerukan solusi politik di negara Arab itu.

Dalam sebuah langkah nyata dalam mendukung pemerintah Suriah, Kementerian Pertahanan Cina mengumumkan pada hari Kamis bahwa militer Cina akan memberikan pelatihan bagi angkatan bersenjata Suriah di tanah Cina. (Baca: China: Intervensi Militer di Suriah Menentang Piagam PBB)

“Militer Cina akan memberikan pasukan Suriah dengan pelatihan profesional medis dan keperawatan,” kata juru bicara kementerian pertahanan Wu Qian saat briefing bulanan dengan wartawan, dan menambahkan bahwa misi ini dimaksudkan “untuk meredakan krisis kemanusiaan di Suriah”.

Wu mengatakan Cina sudah terlibat dalam kegiatan berarti “untuk membantu mengurangi penderitaan kemanusiaan dari rakyat Suriah” dengan memberikan kepada otoritas Suriah berupa peralatan medis dan obat-obatan. “Cina telah mendorong solusi politik di Suriah dan kami selalu mendukung kemerdekaan Suriah,” katanya, dan menambahkan, “Untuk jangka waktu yang panjang, Cina dan Suriah telah membantu satu sama lain.”

Beijing telah menjadi pendukung utama pemerintah Suriah sejak Maret 2011, ketika konflik dimulai. Beijing juga telah mendukung kampanye udara oleh Rusia terhadap teroris Takfiri di Suriah, dan mengatakan akan mendukung setiap inisiatif yang mempertahankan integritas teritorial Suriah. (Baca: Menurut Pejabat tinggi AS : Militer Amerika kalah unggul Tekhnologi dengan China)

Media pemerintah mengatakan pejabat senior militer Cina Guan Youfei berada di Damaskus pekan lalu untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan Suriah. Dalam pertemuan tersebut, Guan mendesak kerjasama militer dengan pemerintah Suriah, kata laporan itu.

Pernyataan Kementerian Pertahanan Cina datang beberapa hari setelah video mengerikan menunjukkan seorang anak empat tahun berlumuran darah dan debu setelah serangan udara di kota Aleppo.

Televisi resmi Cina telah mempertanyakan keaslian rekaman. Dan menuduh bahwa video mungkin telah dipalsukan sebagai bagian dari “perang propaganda” Barat terhadap pemerintah Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: