Fokus

Militan Kejam ISIS Eks Rapper Jerman Tewas di Suriah

Minggu, 21 Januari 2018 – 07.58 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Seorang militan ISIS yang sebelumnya dikenal sebagai rapper Jerman terbunuh oleh serangan udara di Suriah timur. Kematiannya telah dikonfirmasi media pro-ISIS, Wafa Media Foundation.

Baca: Inilah Kisah Pengantin ISIS Asal Jerman

Denis Cuspert yang dikenal dengan nama rapper-nya Deso Dog mengubah namanya menjadi Abu Talha al-Amani setelah bergabung dengan ISIS di Suriah. Dia menikahi seorang penerjemah FBI yang menyamar.

SITE Intelligence, organisasi yang melacak aktivitas online para militan pada Jumat (19/1/2018), melaporkan bahwa Wafa Media Foundation telah mengumumkan kematian Cuspert. Dalam pengumumannya ditampilkan gambar jasad Cuspert yang disebar melalui aplikasi pesan terenkripsi Telegram.

Mantan rapper Jerman ini terbunuh dalam sebuah serangan di Kota Gharanij, Provinsi Deir Ezzor, Suriah timur. Tidak jelas siapa yang melakukan serangan tersebut, terlebih baik koalisi pimpinan AS maupun Rusia juga beroperasi di provinsi itu.

Baca: Operasi Sapu Bersih Suriah Tewaskan Komandan ISIS Asal Jerman

Pentagon dan Departemen Luar Negeri AS belum bersedia berkomentar. Departemen Luar Negeri pada bulan Februari 2015 menunjuk Cuspert sebagai seorang ekstremis. Pada bulan Oktober 2015, dia dilaporkan tewas oleh serangan udara AS di dekat Raqqa, namun ternyata Pentagon salah mengidentifikasi.

Cuspert menjadi salah satu militan asing paling terkenal di kelompok ISIS. Daniela Greene, 38, penerjemah FBI yang bertugas memeriksa mantan rapper Jerman tersebut, pergi ke Suriah untuk menikahinya pada tahun 2014. Greene, yang memiliki izin keamanan rahasia, segera kembali ke AS setelah berubah pikiran. Dia dijatuhi hukuman dua tahun penjara dan dibebaskan pada tahun lalu.

Lahir dari seorang ibu Jerman dan seorang ayah Ghana, Cuspert dibesarkan di Berlin. Setelah tur dengan rapper DMX Amerika, Cuspert meninggalkan karier musiknya pada tahun 2010. Sejak itu dia menjadi militan ISIS yang tenar.

Baca: Hasil riset; Teroris ISIS Eropa Berasal dari Perancis, Jerman, Inggris

Sejak bergabung dengan kelompok radikal itu, Cuspert menjadi perekrut aktif militan asal Jerman. Dia telah beberapa kali tampil dalam video propaganda ISIS.

Departemen Luar Negeri AS pernah mengatakan bahwa Cuspert terlihat dalam sebuah video dimana dia tampak memegang kepala orang terputus yang dia klaim milik seorang pria yang dieksekusi karena menentang ISIS. Dia juga pernah terlihat dalam sebuah video yang memukuli mayat dengan sandal. (SFA)

Sumber: Sindo News

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: