Fokus

Militan ISIS Tiga Tahun Hancurkan 116 Desa di Kirkuk Irak

Rabu, 10 Januari 2018 – 16.25 Wib,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Para militan ISIS telah menghancurkan sekitar 116 desa di provinsi Kirkuk, Irak selama tiga tahun. Hal tersebut disampaikan Gubernur Kirkuk Rakan Saed kepada kantor berita Turki, Anadolu Agency, Rabu (10/1/2018).

Baca: KEJAM! ISIS Bakar 15 Orang di Kirkuk Irak karena Tinggalkan Tanah Khilafah

Dikatakan Saed, kelompok radikal ISIS menghancurkan desa-desa tersebut antara tahun 2014-2017. Diimbuhkan Saed, wilayah Kirkuk selatan merupakan wilayah yang mengalami kehancuran paling parah akibat ISIS di Irak.

Saed mengatakan, ribuan warga desa hingga saat ini masih tinggal di tenda-tenda dekat pusat kota Kirkuk. Banyak warga desa yang tidak mendapatkan aliran listrik, air, sistem pembuangan air, layanan pendidikan dan kesehatan.

Baca: Komandan Top ISIS Tewas di Kirkuk, Irak

“Warga desa tersebut tak bisa kembali ke rumah-rumah mereka. Tampaknya mustahil bagi warga untuk kembali sebelum infrastruktur yang hancur total dibangun kembali. Untuk pembangunan kembali, pastinya perlu dukungan negara,” tutur Saed.

Pada Oktober 2017 lalu, pasukan Irak berhasil merebut kembali distrik Hawija di Kirkuk, yang berjarak sekitar 45 kilometer sebelah barat kota Kirkuk. Distrik tersebut dianggap sebagai salah satu basis terakhir ISIS di wilayah Irak utara.

Baca: Pria Bersenjata Tak Dikenal Rampok dan Bawa Lari Uang 51 Juta Dinar Bank di Kirkuk

Dalam beberapa bulan terakhir, kelompok ISIS telah mengalami serangkaian kekalahan di Irak dan Suriah setelah menguasai sejumlah besar wilayah di kedua negara tersebut pada pertengahan tahun 2014 silam. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: