Headline News

Militan Dukungan Turki Larang Warga Sipil Afrin Masuki Rumahnya Sendiri

Militan dukungan Turki

Senin, 16 April 2018 – 15.36 Wib,

SURIAH – Militan yang didukung Ankara pada hari Minggu (15/04) mencegah warga sipil memasuki rumah mereka sendiri di wilayah Afrin yang diduduki Turki, menyusul teroris Faylaq al-Rahman yang berafiliasi dengan Jabhat Al-Nusra tiba dari Ghouta Timur di kota itu.

Baca: Teroris Ghouta Timur Pindah ke Afrin

Militan Jeish al-Sharqiyeh yang berafiliasi dengan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang didukung Turki menyerbu penduduk kota Jandaris di Afrin Selatan setelah mereka menyeru para militan agar mengizinkan mereka tinggal di rumah mereka yang telah ditempati oleh Faylaq al- Rahman.

Faylaq al-Rahman berafiliasi dengan Jabhat Al-Nusra yang didukung oleh Turki. Namun, militan yang didukung Turki telah memperlakukan kelompok militan lain seperti Jeish Al-Islam yang didukung oleh Arab Saudi secara berbeda, memaksa mereka untuk menyerahkan senjata mereka dan tinggal di kamp-kamp.

Baca: Kalah di Ghouta Timur, Puluhan Teroris Faylaq Al-Rahman Menyerahkan Diri ke Tentara Suriah

Sementara itu, Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) yang berpusat di London melaporkan bahwa tentara Turki dan militan sekutunya mulai menahan warga sipil di wilayah Afrin setelah pasukan Ankara menjarah aset mereka, dan menuntut tebusan untuk pembebasan mereka.

Lebih lanjut SOHR mengatakan bahwa pembicaraan sedang berlangsung antara intelijen Turki dan komandan Faylaq al-Rahman terkait relokasi ke Afrin dan desa-desanya.

Sekelompok militan utama Faylaq Rahman dan anggota keluarga meninggalkan Ghouta Timur ke Suriah Utara beberapa hari yang lalu.

Baca: Eksodus Ratusan Teroris dan Keluarga dari Ghouta Timur

Surat kabar berbahasa Kurdi melaporkan pekan lalu bahwa militan Kurdi menyerbu salah satu posisi tentara Turki di bagian tengah kota Afrin, menewaskan seorang pria bersenjata yang didukung Ankara dan melukai dua tentara Turki.

Ia menambahkan bahwa posisi kunci dari tentara Turki dihancurkan dalam serangan para pejuang Kurdi di desa Kafr Safreh di wilayah Jandaris, tiga orang bersenjata yang didukung Turki tewas dan dua lainnya terluka. Seluruh wilayah Afrin telah diduduki oleh pasukan Turki dan militan yang didukung Ankara. (SFA/FNA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: