Internasional

Michel Aoun Desak Zona Aman bagi Imigran Dalam Koordinasi Suriah

Sabtu, 04 Februari 2017 – 12.12 Wib,

SALAFYNEWS.COM, LEBANON – Presiden Lebanon Michel Aoun mendesak masyarakat internasional untuk memfasilitasi kembalinya pengungsi ke tanah air mereka dengan mendirikan serangkaian “zona aman” dalam koordinasi dengan pemerintah Suriah, kantor berita al-Manar melaporkan. (Baca: Ulama ASWAJA Lebanon Jelaskan Fakta Siapa Hizbullah dan Sepak Terjangnya?)

Presiden Michel Aoun membuat pernyataan pada hari Jumat dalam pertemuan dengan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) Filippo Grandi. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Lebanon berjanji bahwa negaranya tidak akan memaksa pengungsi untuk kembali ke Suriah di tengah kondisi tidak aman.

Di tempat lain dalam sambutannya, Aoun menyatakan dukungan Lebanon untuk solusi politik atas krisis yang sedang berlangsung di negara tetangga dan memerangi teroris Takfiri yang mendatangkan malapetaka di kawasan Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Muallem saat lakukan pertemuan terakhir dengan Grandi memperingatkan bahwa rencana untuk membuat zona aman di negara Arab, yang diusulkan oleh pemerintahan baru Presiden AS Donald Trump, akan menimbulkan risiko serius bagi kehidupan warga sipil jika dipaksakan tanpa koordinasi dengan Damaskus. Muallem mengatakan pada hari Senin bahwa setiap upaya untuk memaksakan zona aman tanpa koordinasi dengan pemerintah Suriah akan menjadi “tindakan tidak aman”. (Baca: Ulama Lebanon Kompak Kutuk Pembantaian Saudi-AS Kepada Warga Muslim di Yaman)

Setidaknya 1,2 juta pengungsi Suriah saat ini berlindung di Lebanon. PBB dan organisasi internasional lainnya telah berulang kali menyerukan kepada masyarakat internasional untuk mengintensifkan upaya meringankan penderitaan pengungsi Suriah di Lebanon. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Michel Aoun Desak Zona Aman bagi Imigran Dalam Koordinasi Suriah | ISLAM NKRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: