Headline News

Mesir Sponsori Pertemuan Rahasia Riyadh dan Tel Aviv di Kairo

Rabu, 14 Maret 2018 – 04.55 Wib,

SALAFYNEWS.COM, KAIRO – Perdana Menteri Israel Netanyahu mengatakan pada hari Senin bahwa kedekatan hubungan antara Gulf Arab dan Israel kembali terjadi disebabkan oleh dua factor, pertama adalah apa yang dia sebut sebagai adanya ketakutan wilayah Teluk kepada Tel Aviv, dan yang kedua adalah kesadaran bahwa Tel Aviv bukanlah ancaman bagi mereka, namun merupakan sekutu penting untuk menghadapi ancaman Iran.

Baca: Saat Arab Saudi dan Israel Bersatu Melawan Iran

“Iran, yang memiliki persenjataan militer dan senjata nuklir yang besar, akan menjadi ancaman potensial tidak hanya bagi Israel tapi juga ke Amerika Serikat dan seluruh dunia … dan semua pemerintah Arab setuju dengan saya,” kata Netanyahu dalam sebuah wawancara dengan Fox News.

“Tel Aviv sekarang memberikan prioritas besar pada hubungan politik dan ekonominya dengan negara-negara Arab,” katanya.

Baca: Garda Revolusi Iran Sebut AS, Inggris, Israel dan Saudi Ciptakan Kerusuhan di Iran

Di sisi lain, seorang pejabat senior di otoritas Palestina mengungkapkan bahwa hubungan antara Arab Saudi dan Israel telah mengalami sebuah perkembangan yang signifikan dalam beberapa pekan terakhir. Menambahkan bahwa minggu pertama bulan Maret, di ibukota Mesir di salah satu hotel besarnya, menerima pejabat Saudi dan Israel di satu meja diskusi dan di hadapan pejabat senior Mesir.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa Kairo mensponsori pertemuan rahasia antara Riyadh dan “Tel Aviv”, dan baru-baru ini lebih dari sekali pertemuan tripartit (Israel-Mesir-Saudi) di wilayahnya, secara rahasia.

Baca: Media Israel Sebut Mesir dan Arab Saudi Sebagai Mitra Penting

Pejabat Palestina mengatakan bahwa diskusi dibagi menjadi dua bagian, pertama fokus kepada politik dalam hal yang berkaitan dengan “Deal of the Century” America, tanpa ada hambatan. Sementara bagian kedua berfokus pada “kepentingan ekonomi” secara trilateral, dan cara untuk berkembang pada tahap-tahap mendatang, khususnya di wilayah Laut Merah, yang mana Riyadh dan “Israel” sedang mempersiapkan peluncuran proyek ekonomi bersama terbesar dalam beberapa bulan mendatang. (SFA/AlMaalomah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: