Afrika

Mesir Beli Sistem Pertahanan Udara S-300 Rusia, Israel Ketar Ketir

Selasa, 13 Juni 2017 – 00.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MESIR – Sistem pertahanan udara S-300 saat ini diklaim sebagai sistem pertahanan udara paling kuat di dunia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak negara ingin memilikinya, dan beberapa negara berhasil memilikinya. Diantara negara-negara yang berhasil membelinya adalah Mesir, dan hal ini telah menimbulkan kekhawatiran pemerintah Israel, sebagaimana yang lansir situs Rusia “Warflies”. (Baca: Suriah Miliki Pertahanan Udara Terkuat di Dunia)

Media Israel melaporkan bahwa pemerintah Israel merasa sangat khawatir karena Mesir membeli tiga baterai rudal S-300 FM serta anti-200. Sistem ini mampu menghantam target sejauh 250 km dengan ketinggian 30 km, dan sistem S-300FM mampu menghantam target udara apapun.

Ketika Mesir memutuskan untuk membeli sistem pertahanan udara ini, hal ini memicu kekhawatiran dan kemarahan Israel. Bagaimana tidak, jet tempur Israel kini tidak akan mampu lagi menghentikan target yang ia inginkan di wilayah udara bagian perbatasan. Jika sebelumnya, jet tempur Israel dengan leluasa terbang di sepanjang wilayah perbatasan di atas Semenanjung Sinai, saat ini jet-jet tempur Israel tentu tidak bisa menembus wilayah udara atau melanggar kedaulatan Mesir, jet tempur Israel tidak akan bisa melewati wilayah udara di perbatasan tanpa sanksi. (Baca: Operasi Hitam Pasukan Khusus Mesir di Suriah)

Kesepakatan yang dijalin Rusia dan Mesir menciptakan kejengkelan yang luar biasa bagi Israel karena hal ini membatasi operasi militer Israel di seluruh wilayah Timur Tengah.

Jumlah negara yang menolak intervensi Israel kini bertambah satu, dan negara Mesir kini telah memiliki rudal-rudal canggih anti-pesawat yang beroperasi secara efektif dan mampu menghancurkan jet-jet tempur Israel yang meninggalkan landasan pacunya hanya untuk melakukan manever dan operasi-operasi militer ilegalnya di negara-negara Timur Tengah.

Sebelumnya, Iran dan Suriah juga telah memiliki sistem pertahanan udara S-300 ini dan saat ini Mesir pun telah memilikinya, dan ini merupakan sinyal yang jelas bagi Israel dari Rusia. (SFA)

Sumber: Arabic.SputnikNews

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: