Internasional

Menlu Yaman Kecam Saudi yang Dukung Terorisme dan Bunuh Presiden al-Hamdi

Minggu, 09 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Seorang pegiat sosial media dalam situs jejaring  sosial “Twitter” mengunggah sebuah video yang berisi  kritikan Menteri Luar Negeri  Yaman yang diangkat dengan persetujuan Arab Saudi, Abdul Malik al-Mekhlafi, terhadap kerajaan Saudi yang diutarakan secara langsung pada stasiun berita  al-Mayadin. (Baca: PERINGATAN SETAHUN PERANG YAMAN, Pesan Pedas Houthi Kepada Tirani Saudi-AS-Israel)

Menurut video yang beredar tersebut, al-Mekhlafi mengatakan bahwa “negara-negara teluk telah mempermainkan bangsa Yaman, bahkan ia tidak membenarkan siapapun yang ikut andil dalam melakukan serangan di Yaman”.

Dalam bagian lain dari video tersebut, al-Mekhlafi mengatakan, “negara-negara penganut sistem kerajaan yang telah berkuasa sejak 100 tahun yang lalu yang lebih layak untuk di revolusi dan di transformasi”. Kemudian, al-Mikhlafi mengarahkan pertanyaan kepada pembawa acara “Apakah Anda berpikir bahwa rezim Saudi tidak memerlukan revolusi yang nyata untuk menciptakan negara yang sesungguhnya?”.

Pada bagian lain, al-Mekhlafi mengatakan bahwa Arab dan Qatar telah bergerak sangat jauh dalam mendukung organisasi teroris ISIS dan al-Qaeda. Ia juga menambahkan bahwa Arab Saudi bukanlah contoh sebuah negara ideal yang menganut “konsep kebebasan” yang selalu digembar-gemborkan, bahkan seharusnya Saudi melihat kembali negaranya, yang sebenarnya mendukung organisasi teroris dan telah ikut campur tangan terlalu jauh dalam urusan internal negara-negara lain. (Baca juga: The Guardian; Inggris Jegal Penyelidikan Kejahatan Saudi di Yaman)

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun berita “Yaman al-Yaum” al-Mekhlafi bahkan menyebutkan bahwa Arab Saudi yang bertanggung jawab atas pembunuhan mantan presiden Yaman, Ibrahim al-Hamdi. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: