Eropa

Menlu Suriah: S-300 Rusia Cukup Untuk Hadapi Ancaman AS

Rudal Canggih Rusia

SURIAH – Menteri Luar Negeri Suriah Walid Muallem mengatakan bahwa pengiriman sistem pertahanan udara S-300 Rusia merupakan “langkah tepat”.

“Ini adalah sistem yang sifatnya defensif daripada menyerang, dan itu dimaksudkan untuk pertahanan wilayah udara Suriah. Jika kita menganalisa pentingnya perlindungan wilayah udara Suriah, kita akan melihat bahwa itu mencerminkan keamanan dan stabilitas, tetapi bukan perang. Saya ingin mencatat bahwa ini adalah langkah yang sangat tepat waktu dan kami sangat berterima kasih kepada pemerintah Rusia atas upayanya,” kata menteri dalam sebuah wawancara, yang dilansir Almasdarnews (30/09).

Baca: Suriah Menunggu Kedatangan S-300 Rusia

Muallem juga menekankan bahwa sistem tersebut memiliki kapasitas yang memadai untuk menanggapi ancaman Israel terhadap negara tersebut.

“Bagaimanapun, S-300 sudah cukup untuk menanggapi ancaman ini,” kata menteri kepada penyiar RT, menjawab pertanyaan tentang ancaman Israel sehubungan dengan kehadiran Iran di wilayah Suriah.

Menteri menekankan bahwa prajurit Iran dikerahkan ke wilayah Suriah dengan alasan yang sah dan dalam kapasitas sebagai penasihat.

Baca: Tak Peduli Israel, Rusia Kirim S-300 ke Suriah

“Hubungan Suriah-Iran bukan masalah tawar-menawar. Hubungan ini didasarkan pada keputusan dua negara berdaulat, membela keputusan independen mereka,” ujar diplomat top Suriah.

Dia menekankan bahwa dia sangat menghargai keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menyediakan sistem ini ke Suriah.

Baca: Israel Khawatir Rusia Bentengi Suriah dengan S-300

Rusia memutuskan untuk menyediakan sistem pertahanan udara S-300 kepada Suriah setelah pesawat Il-20 Rusia ditumbangkan oleh rudal yang diluncurkan oleh pasukan Suriah pada awal bulan ini.

Sistem S-200 Suriah menargetkan jet F-16 Israel yang menyerang fasilitas di provinsi Latakia. Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, Israel memberi tahu Rusia tentang operasinya hanya satu menit sebelum serangan. (SFA)

4 Comments

4 Comments

  1. Pingback: Israel Ancam Target S-300 Rusia di Suriah | SALAFY NEWS

  2. Pingback: Sistem Rudal S-300 Rusia Sudah Ditangan Suriah | SALAFY NEWS

  3. Pingback: Rusia Kontrol Pergerakan Pesawat di Suriah | SALAFY NEWS

  4. Pingback: AS-Israel Kirim Pasukan Ke Ukraina Berlatih Hadapi S-300 | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: