Eropa

Menlu Jerman; Pemerintahan Trump Menandai Akhir Tatanan Dunia Lama

Selasa, 24 Januari 2017

SALAFYNEWS.COM, JERMAN – Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier telah memperingatkan bahwa awal kepresidenan Donald Trump akan “menandai akhir tatanan dunia lama.”

“Hari ini, ada banyak yang dipertaruhkan. Dengan memilih Donald Trump, dunia lama dari abad ke-20 berakhir,” ujar Steinmeier seperti dikutip Independent, Senin (24/01/2017).

Trump menjadi presiden ke-45 AS pada hari Jumat, setelah mengambil sumpah jabatan di Capitol Hill yang diwarnai protes besar-besaran para demonstran yang menolak pelantikannya.

Steinmeier yang telah menjadi bagian dari kabinet Kanselir Jerman Angela Merkel sejak tahun 2005, menekankan bahwa pemilihan Presiden AS Donald Trump adalah pertanda “suram”, tetapi mencatat bahwa Jerman akan mencari kerjasama dengan pemerintahan baru di Washington.

Presiden AS Donald Trump membaca sebuah perintah eksekutif penarikan AS dari Trans-Pacific Partnership sebelum penandatanganan itu di Gedung Putih, Washington, DC, 23 Januari 2017.

Dia menambahkan bahwa dengan perubahan kekuasaan selalu ada masa-masa ketidakpastian, keraguan dan pertanyaan atas agenda kepemimpinan baru.

“Abad ke-21 dan dunia besok akan terlihat tidak menetap; itu benar-benar terbuka […] Aku tahu kita harus menyesuaikan diri dalam masalah, beberapa ketidakpastian dan ketidakpastian baru,” katanya.

“Tapi saya ingin memastikan bahwa di Washington kita menemukan pendengar yang tahu bahwa negara-negara besar membutuhkan mitra di dunia ini, dan bersedia untuk pergi bersama-sama dengan teman-teman yang baik dan mencoba untuk percaya dengan mitra aliansi,” tambahnya.

Pada hari Sabtu, Wakil Kanselir Jerman Sigmar Gabriel menggambarkan masa depan di bawah Presiden Trump sebagai “rough ride.”[Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: