Amerika

Menlu AS dan Rusia Bersitegang Soal Aleppo

Rabu, 07 Desember 2016,

SALAFYNEWS.COM, WASHINGTON – Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah membantah tuduhan Moskow bahwa Washington telah menghentikan pembicaraan yang direncanakan untuk penarikan teroris dari kota Aleppo Timur guna mendapatkan lebih banyak waktu untuk teroris ISIS.

“Saya tidak mengetahui adanya penolakan tertentu,” kata Kerry pada hari Selasa ketika ditanya tentang pernyataan Rusia di Brussels saat dia menghadiri pertemuan menteri luar negeri NATO. (Baca: Serangan Sukhoi 33 Rusia Hancurkan Jabhat Al-Nusra di Aleppo dan Hama)

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Selasa (6/12) sebelumnya, mengatakan Washington membatalkan pertemuan itu untuk mengulur waktu agar militan dapat memulihkan kekuatan mereka, dan menuduh AS beritikad buruk dalam melakukan negosiasi.

“Sepertinya upaya untuk mengulur waktu agar pemberontak dapat bernafas kembali, mereka memanfaatkan jeda kemanusiaan untuk mengumpulkan kekuatan dan mengisi kembali cadangan mereka,” kata Lavrov.

Pasukan pemerintah Suriah, yang berada dalam kontrol penuh dari Aleppo Barat, telah melakukan operasi untuk membersihkan teroris Takfiri dari timur Aleppo. (Baca: Ancaman Tentara Suriah kepada ISIS, Keluar dari Aleppo Atau Kita Gempur)

Helikopter militer tentara Suriah pada hari Minggu telah menyebarkan selebaran di Aleppo timur, untuk memperingatkan para militan agar menyerah atau mati sebagai teroris.

Selebaran yang didistribusikan lewat udara itu meminta kepara militan yang masih tersisa di Aleppo timur untuk meletakkan senjata dan mengizinkan warga sipil terluka dan lainnya untuk keluar dari kota.

Sumber militer mengatakan kepada wartawan bahwa kota itu akan dibersihkan penuh dari militan “dalam beberapa minggu”.

Sementara itu, militer Suriah telah mengumumkan bahwa sejumlah besar teroris telah tewas selama operasi yang menyasar beberapa lingkungan di kota. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: