Headline News

Menhan Rusia: Zona De Eskalasi Mulai Diberlakukan di Suriah

Sabtu, 06 Mei 2017 – 08.36 Wib,

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Sebuah kesepakatan untuk menciptakan empat “zona de-eskalasi” yang bertujuan untuk mengakhiri konflik di Suriah telah mulai berlaku, kata Kementerian Pertahanan Rusia. (Baca: Hadapi Agresi AS Rusia Suplai Sistem Pertahanan Udara Terbarunya ke Suriah)

Kesepakatan untuk menciptakan empat zona de-eskalasi di empat wilayah di utara, tengah dan selatan Suriah, di mana pertempuran paling ketat sedang berlangsung antara pemerintah Suriah dan kelompok militan yang berbeda, mulai berlaku pada tengah malam waktu setempat pada Sabtu (21:00 GMT pada hari jumat).

Penegakan kesepakatan tersebut terjadi sehari setelah Iran, Rusia dan Turki menandatangani kesepakatan tersebut pada putaran keempat perundingan perdamaian Suriah di ibukota Kazakhstan, Astana, dan dua hari setelah Moskow mengajukan usulan tersebut. (Baca: Menlu AS Kunjungi Rusia untuk Rayu Putin Stop Bantu Suriah)

Keempat wilayah aman tersebut terletak di delapan dari 14 provinsi di Suriah. Zona pertama termasuk provinsi barat laut Idlib, provinsi barat Lattakia, provinsi barat-tengah Hama, dan provinsi utara Aleppo.

Zona kedua mencakup bagian utara dan tengah provinsi Homs. Zona ketiga meliputi distrik Ghouta Timur dekat ibukota Damaskus, sedangkan zona keempat meliputi Syria selatan, khususnya provinsi Dara’a dan Quneitra.

Keempat zona tersebut hanya aman untuk faksi oposisi bersenjata dan mengecualikan kelompok teroris takfiri ISIS dan Jabhat Fateh al-Sham, yang sebelumnya dikenal sebagai Jabhat al-Nusra. (SFA)

Sumber: PTV

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: