Eropa

Menhan Akui Helikopter MI-25 Rusia Ditembak Teroris ISIS

Minggu, 10 Juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Kementerian Pertahanan Rusia telah mengkonfirmasi serangan teroris ISIS yang telah menjatuhkan helikopter Mi-25. Serangan itu, menewaskan dua pilot Rusia di provinsi Homs.

“Pada tanggal 8 Juli, Angkatan Udara Rusia dengan pilot instruktur Evgeny Dolgin dan Ryafagat Khabibulin sedang melakukan penerbangan kalibrasi di Suriah dengan menggunakan helikopter Mi-25 (versi ekspor dari Mi-24) yang sarat dengan amunisi di provinsi Homs,” membaca pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusai, pada Sabtu, sebagaimana yang dirilis kantor berita TASS.

Kelompok teroris ISIS juga telah merilis cuplikan dari serangan itu, yang sebelumnya ditolak oleh Rusia.

“Para kru menerima permintaan dari pemerintah Suriah untuk membantu mencegah kemajuan teroris. Kapten pesawat, Ryafagat Khabibulin, membuat keputusan untuk menyerang,” tambah pernyataan itu.

Pernyataan itu juga mencatat bahwa berkat tindakan terampil kru helikopter serangan teroris telah digagalkan, namun naas helikopter itu ditembak jatuh ketika perjalanan kembali ke basis.

“Setelah menghabiskan amunisi mereka, dan saat memutar kembali, helikopter ditembak jatuh oleh teroris dari darat dan jatuh di daerah yang dikontrol oleh pemerintah Suriah. Sementara awak tidak berhasil menyelamatkan diri,” tambah pernyataan itu.

Menurut kantor berita Rusia Interfax, para militan menggunakan sistem rudal TOW antitank buatan AS dalam serangan itu.

“Menurut laporan, teroris menggunakan sistem rudal TOW Amerika untuk menjatuhkan helikopter Mi-25, setelah kehabisan amunisi dan saat berbalik arah pada ketinggian sangat rendah,” kata seorang sumber militer Rusia.

Suriah telah dicengkeram oleh militansi yang didukung asing sejak Maret 2011. Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura memperkirakan lebih dari 400.000 orang telah tewas dalam konflik berdarah di Suriah. PBB juga telah menghentikan penghitungan korban resmi di Suriah, karena ketidakmampuan untuk memverifikasi angka yang diterimanya dari berbagai sumber. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: