Fokus

Mengerikan, Tabung Gas Air Mata Israel Menancap di Pipi Pria Palestina

Haitham Abu Sabla,

GAZA – Insiden sangat mengerikan dialami oleh seorang pria Palestina yang sedang demo di perbatasan Gaza pada hari Jum’at (8/6/2018). Demonstran itu terkena hantaman tabung gas air mata tentara Israel di wajah dan tertancap di pipi.

Tabung gas beracun itu tak bisa lepas. Asap berbahaya pun keluar dari mulut korban. Kejadian itu diabadikan seorang fotografer Reuters di lapangan. Demonstran tersebut bernama Haitham Abu Sabla. Untuk mengangkat tabung gas air mata yang tertancap di pipi, Haitham harus menjalani operasi.

Baca: Baku Tembak Tentara Suriah dan Israel di Dataran Tinggi Golan

Foto-foto yang diambil fotografer menunjukkan darah berceceran dari wajah Haitham dengan kondisi tabung gas masih tertanam tepat di samping hidungnya. Asap beracun juga nyaris tanpa henti mengepul dari mulut Haitham.

Demonstran itu telah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani operasi pengangkatan tabung gas air mata. Menurut saudaranya kepada Reuters, Haitham Abu Sabla adalah pembantu reguler dari protes mingguan di perbatasan Gaza-Israel.

Baca: Dunia Soroti Senjata Berbahaya yang Digunakan Tentara Israel di Palestina

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah menindak keras protes selama berbulan-bulan di sepanjang perbatasan Gaza, yang dikenal sebagai aksi Great March of Return. Demo besar ini untuk menandai 70 tahun pengusiran ribuan warga orang Arab Palestina dari tanahnya oleh pasukan Israel.

IDF telah membunuh 120 demonstran Palestina sejak demo dimulai Maret lalu. Salah satu pembunuhan IDF yang disorot dunia adalah pembunuhan terhadap relawan medis Palestina Razan al-Najjar, 21.

Baca: Pasukan Zionis Israel Serang Petugas Medis Palestina

Perawat cantik itu ditembak mati oleh sniper IDF di bagian dada saat menolong demonstran yang terkena hantaman tabung gas air mata pada Jumat pekan lalu. IDF mengklaim penembakan terhadap Razan sebagai ketidaksengajaan. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: