Eropa

MEMANAS! Rusia Usir Diplomat Inggris

Rusia-Inggris Memanas

Minggu, 01 April 2018 – 01.18 Wib,

SALAFYNEWS.COM, Moskow – Aksi pengusiran diplomat Rusia di sejumlah negara semakin memanas. Kali ini Rusia membalasnya dengan aksi serupa.

Dikutip dari Sky News, Sabtu (31/3/2018), Rusia meminta Inggris untuk memangkas jumlah diplomatnya di Negeri Beruang Merah agar sama dengan jumlah perwakilan Rusia di Inggris. Sebelumnya, Inggris telah mengusir 23 diplomat Rusia.

Baca: Rusia Usir Dua Diplomat AS Karena Melakukan Kegiatan Spionase

Aksi Inggris itu juga diikuti sejumlah negara di Uni Eropa dan Amerika Serikat pun telah ikut serta mengusir para diplomat Rusia dari negara masing-masing. Secara keseluruhan, tercatat 130 diplomat Rusia diusir dari negara-negara tersebut.

Rusia lalu mengusir 60 diplomat AS serta menutup konsulat AS di St Petersburg, kota kedua terbesar di negara itu. Pemerintahan Vladimir Putin pun kemudian mengusir 59 diplomat dari 23 negara lainnya dan tengah mempertimbangkan untuk mengambil tindakan terhadap empat negara lainnya.

Baca: Perang Diplomatik Antara Rusia dan Amerika

Pada Kamis lalu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres menyampaikan peringatan bahwa kondisi ini mirip dengan situasi yang terjadi pada Perang Dingin. Seperti diketahui, Sergei Skripal adalah mantan agen rahasia Rusia yang diincar Moskow karena dinilai berkhianat ke Inggris.

Dia dan putrinya masih dalam kondisi kritis sejak ditemukan tak sadarkan diri di sebuah bangku dekat pusat perbelanjaan di Salisbury, Inggris pada Minggu (4/3). Ayah dan anak itu diketahui terpapar Novichok, racun saraf yang sangat kuat.

Baca: Mengapa Barat Keroyok Rusia?

Pemerintah Inggris meyakini Rusia berada di balik peristiwa itu. Adapun Pemerintah Rusia membantah terlibat dalam penyerangan tersebut dan balik menuding London sebagai dalang untuk menciptakan sentimen anti Rusia. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Rusia Sebut AS Langgar Hukum Internasional | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: