Amerika Latin

Meksiko Bersumpah Tidak Akan Bayar Tembok Perbatasan Trump

Selasa, 29 Agustus 2017 – 13.30 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MEXICO – Meksiko dalam situasi apapun tidak akan membayar biaya tembok atau penghalang lain di perbatasan dengan Amerika Serikat, kata Kementerian Luar Negeri Mexico dalam menanggapi Presiden AS Donald Trump yang meninjau kembali masalah tersebut di Twitter-nya.

Baca: Tanda Tangan Rasis Terbaru Presiden AS Donald Trump

“Seperti yang selalu dikatakan pemerintah Meksiko, negara kita tidak akan membayar, dalam keadaan apapun, untuk tembok atau penghalang fisik yang dibangun di wilayah AS di sepanjang perbatasan Meksiko. Pernyataan ini bukan bagian dari strategi negosiasi Meksiko, melainkan sebuah prinsip kedaulatan nasional dan martabat,” kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

Sebelumnya pada hari itu, Trump menulis di Twitter-nya bahwa dengan tingkat kejahatan tinggi di Meksiko, dinding perbatasan yang akan membatasi masuknya migran ke Amerika Serikat diperlukan, dia menambahkan bahwa “Meksiko akan membayarnya melalui penukaran pembayaran atau lainnya”.

Baca: Pakistan Akan Gabung Rusia-China Pasca Kebijakan Baru Tak Jelas Trump di Asia Selatan

Kementerian Luar Negeri Meksiko juga menyinggung bagian pertama dari pernyataan presiden AS tersebut, dengan mengatakan bahwa “kekerasan yang terjadi di Meksiko oleh obat-obatan terlarang, senjata dan perdagangan uang antar negara kita” adalah “masalah bersama yang hanya akan berakhir jika akar masalahnya ditangani: Tingginya permintaan obat-obatan terlarang di Amerika Serikat dan pasokan dari Meksiko (dan negara-negara lain).”

Trump juga menulis bahwa Amerika Serikat sedang dalam proses menegosiasikan kembali Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dengan Kanada dan Meksiko serta mempertimbangkan untuk menghentikan kesepakatan tersebut.

Dimana Meksiko menjawab bahwa hal itu akan mempertahankan pendekatan “serius dan konstruktif” terhadap negosiasi ulang dan tidak akan membahas NAFTA atau aspek lain dari hubungan bilateral “melalui media sosial atau platform berita lainnya”.

Baca: Mantan Senator AS: Trump Harus Segera Diturunkan karena “Sakit Jiwa”

Kementerian Luar Negeri Meksiko mengakhiri pernyataan tersebut dengan mengungkapkan solidaritas dengan rakyat dan pemerintah Amerika Serikat yang menghadapi konsekuensi Badai Harvey, yang menyebabkan kerusakan yang signifikan di Texas. Sebuah dinding perbatasan di wilayah Amerika Serikat, yang akan dibayar Meksiko, adalah salah satu isu utama yang dipromosikan Trump selama kampanye kepresidenannya tahun lalu. (SFA)

Sumber: Sputnik

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: