Eropa

Media Barat Tuduh Rusia Serang Warga Sipil di Ghouta Timur, Ini Bantahannya

SU-35

Sabtu, 24 Maret 2018 – 08.45 Wib,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Kementerian Pertahanan Rusia telah membantah tuduhan media barat tentang serangan udara Rusia di Ghouta Timur yang diduga menewaskan 37 warga sipil.

Baca: Organisasi Dokter Swedia Bongkar Tipuan Busuk White Helmets di Suriah

“Angkatan udara Rusia tidak pernah melakukan serangan di perumahan penduduk Ghouta Timur, juga tidak menggunakan senjata pembakar, tidak seperti yang dilakukan oleh koalisi internasional yang dipimpin AS,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan pada hari Jum’at (23/03).

“Tuduhan yang beredar dan memanfaatkan penderitaan warga sipil untuk propaganda, seperti White Helmets dan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia adalah kebohongan yang mencolok,” kata kementerian itu, seperti dikutip Al MasdarNews (23/03).

Baca: Tuduhan Serangan Kimia ke Suriah, Skenario Busuk Barat Untuk Selamatkan Teroris

Media Barat yang mengutip Observatorium Suriah untuk HAM, melaporkan bahwa 37 warga sipil diduga tewas dalam serangan udara Rusia yang dilakukan pada malam hari di Arbil, Ghouta Timur. White Helmets, pada gilirannya, mengatakan bahwa bom pembakar diduga telah digunakan.

Kementerian Pertahanan Rusia mengutip jajak pendapat ratusan warga sipil yang dievakuasi dari Ghouta Timur dengan bantuan pusat rekonsiliasi Rusia untuk pihak yang bertikai di Suriah, mengatakan bahwa apa yang diklaim White Helmets adalah kebohongan, mereka hanya aktif di wilayah yang dikendalikan oleh Jabhat al-Nusra.

Baca: Kupas Tuntas Pemberontakan Hizbut Tahrir di Libya, Suriah dan Indonesia

Penduduk Ghouta Timur tidak melihat bantuan dari White Helmets, kementerian itu mencatat, dan menambahkan bahwa fakta ini dikonfirmasi oleh anggota kelompok oposisi bersenjata yang memilih untuk meninggalkan daerah ini ke zona de-eskalasi Idlib.

“Itulah mengapa kebutaan dari beberapa media Eropa yang mengutip informasi palsu dari White Helmets membuat kita bingung,” kementerian menekankan. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Suriah Pakai Drone dalam Operasi Ghouta Timur | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: