Fokus

Marah Soal Yerusalem, Presiden Palestina Sebut Dubes AS ‘Anak Anjing’

Selasa, 20 Maret 2018 – 07.10 Wib,

SALAFYNEWS.COM, RAMALLAH – Terkait maslah Yerusalem Presiden Palestina Mahmoud Abbas luapkan emosinya dengan melontarkan ucapan panas ke Amerika Serikat (AS). Dia menyebut Duta Besar AS untuk Israel David Friedman ‘anak anjing’ menyusul keputusan Donald Trump terkait Yerusalem.

Baca: Ankara: Saudi & UEA Gadaikan Mekkah, Madinah dan Yerusalem ke AS dan Israel

“Duta besar AS di Te Aviv adalah pemukim dan anak anjing,” ujar Abbas kepada para pemimpin Palestina di Ramallah, dilansir AFP, Selasa (20/3/2018).

Menanggapi ucapan Abbas, Friedman melalui juru bicaranya justru mempertanyakan. Apakah pernyataan Abbas itu bernada politis atau antisemitisme.

Baca: Google Akui Jerusalem Ibukota Israel, Warganet Marah

“Ucapan dia menyebut saya sebagai ‘anak anjing’ apakah itu antisemitisme atau wacana politik. Saya menyerahkannya kepada Anda,” kata juru bicara Friedman.

Ungkapan cacian terhadap Friedman bukan kali ini saja dilontarkan oleh Abbas. Dia sebelumnya menyebut Friedman sebagai sebuah aib. Hal itu mengacu pada tindakan AS yang mengakhiri kesepakatan damai Oslo yang dibuat pada 1990-an.

“Kami mengatakan tidak kepada Trump, kami tidak akan menerima rencana anda. Kesepakatan abad ini adalah tamparan abad ini dan kami tidak bisa menerimanya” mengacu pada janji Trump untuk mencapai ‘kesepakatan akhir’ perdamaian Israel-Palestina kata Abbas di awal pertemuan penting para pemimpin Palestina mengenai bagaimana menghadapi deklarasi Trump.

Baca: Faksi-faksi Perlawanan Palestina Kompak Balas Dendam Kejahatan Zionis Israel

Sebelumnya pada Desember 2017 lalu, Trump mengumumkan pengakuan resmi pemerintah AS atas status Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan rencana pemindahan Kedubes AS di Tel Aviv ke Yerusalem. Pengumuman Trump itu memicu aksi-aksi protes di berbagai negara, khususnya di negara-negara muslim dan Arab. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: